menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Tempat Kumpul Wajib Para Kolektor, Ini 5 Event Besar Sneakers Indonesia

Eronika Dwi,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tempat Kumpul Wajib Para Kolektor, Ini 5 Event Besar Sneakers Indonesia
Image: Acara PlusEnamDua (Foto: Dok PlusEnamDua)

Jakarta - Memiliki desain yang terlihat santai dan nyaman digunakan membuat sneakers banyak disukai, terutama para kaum milenial dan gen Z.

Selain itu, sneakers juga bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis busana untuk berbagai aktivitas. 

Maka tak heran, jika para pecinta sneakers rela mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membeli sepatu keluaran terbaru atau edisi terbatas dari mode sepatu ini. 

Antusias itu pun yang kemudian menjadi inspirasi sejumlah orang dalam menciptakan sebuah event atau wadah bertemunya para komunitas pecinta sneaker dengan para penjual sneaker di Indonesia. 

Baca Juga: PlusEnamDua, Ajang Berburu Sneakers Incaran

Tanpa berlama-lama lagi, berikut event-event sneakers besar di Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk berburu sneakers.

1. Urban Sneaker Society (USS)

Urban Sneaker Society (USS) merupakan salah satu acara sneaker terbesar di Asia Tenggara. 

Acara ini menghadirkan lebih dari 150 label sneaker dan streetwear asal Indonesia maupun mancanegara. Selain itu, USS juga kerap diramaikan oleh peluncuran sejumlah produk anyar. 

1619454807-UrbanSneakersSociety.jpgSumber: Urban Sneakers Society (AntaraFoto/AprilioAkbar)

Acara sneaker yang sudah berlangsung sejak 2017 itu juga dilengkapi dengan aktivitas lainnya, seperti program talkshow, Basketball Court by DBL, Skate Park by Converse, hingga suguhan musik hip-hop. 

Pada 2020 lalu, USS menjadi acara pertama yang mengusung konsep virtual multiplayer online di Asia Tenggara. 

Di konsep virtual tersebut, pengunjung yang hadir bisa menciptakan custom avatar mereka sendiri, dan selanjutnya bisa berinteraksi dengan pengunjung lain lewat kolom chat-box. Pengunjung juga disuguhi fitur-fitur seru lainnya.

Baca Juga: 5 Inspirasi Padu Padan Sneakers Buat Ngantor 

2. Indonesia Sneaker Yes

1619455072-Indonesia-Sneaker-Yes-Logo-(Sumber-foto-kuningancity.com).pngSumber: Indonesia Sneaker Yes (Foto: Kuningancity.com)

Acara berburu sneakers lainnya adalah Indonesia Sneaker Yes. Di acara itu pengunjung disuguhi berbagai macam booth yang menjual sneakers pilihan, seperti Nike, Adidas, Vans, Givenchy, Kenzo, Gucci, dan merek ternama lainnya.

Namun, Indonesia Sneaker Yes bukan hanya menghadirkan sneaker, guys. Di acara ini juga terdapat beberapa booth yang menjual tas, pakaian, topi, peralatan untuk membersihkan sneakers, hingga baju anak.

3. Jakarta Sneaker Day (JSD)

Jakarta Sneaker Day (JSD) merupakan acara tahunan yang mempertemukan komunitas pecinta sneaker dengan para penjual sneaker di Jakarta. 

1619455237-JakartaSneakersDay.jpegSumber: Jakarta Sneakers Day (Foto: AntaraNews)

Acara yang sudah digelar sejak 2017 itu menghadirkan berbagai kegiatan, seperti Exhibition, Talkshow, Sneaker Custom, Legit Check, Community Gathering, Mini Bazar & Garage Sale. 

Selain itu, JSD juga menghadirkan Auction, Trading Pit & Steal Deal Sale, Red Carpet, dan Music Perform.

4. Sole Vacation
 
Sebuah acara yang digagas oleh dokter Tirta Mandira Hudhi dan Gabriel Bayu itu merupakan sebuah community-based sneakers and local brand festival yang telah berlangsung sejak 2018. 

1619455518-Sole-Vacation.jpegSumber: Sekretaris Daerah Sleman Harda Kiswaya dan Dr Tirta Mandira Hudhi membuka Sole Vacation di Ambarukmo Plaza.(Foto: Suara MerdekaEdu.id)

Acara ini memiliki tujuan untuk bisa membangkitkan perekonomian Indonesia melalui sebuah event yang berfokus pada sektor ekonomi kreatif lewat pemberdayaan terhadap industri brand lokal.

Tahun 2020 lalu, Sole Vacation diikuti oleh 60 tenant yang terdiri dari sneakers lokal dan clothing brand lokal yang mencakup 70% dari keseluruhan tenant dari beberapa daerah di seluruh Indonesia. 

Baca Juga: Begini Gaya Jokowi saat Unboxing Sneaker Lokal Edisi Batik

5. PlusEnamDua

Nah, event sneakers yang akan hadir dalam waktu dekat ini adalah PlusEnamDua, guys. PlusEnamDua merupakan sebuah event sneakers yang dibuat setelah sekian lama banyak event offline yang mati suri selama pandemi COVID-19. 

1619445364-PlusENamDua.jpgSumber: Event PlusEnamDua (Foto: Dok PlusEnamDua)

PlusEnamDua dibuat untuk menggerakkan lagi perekonomian dari brand Indonesia dengan konsep baru, yakni event hybrid offline-online dan tetap mengedepankan protokol kesehatan.

"Selain menggerakan ekonomi kreatif, kita juga ingin menjadi pionir event hybrid pertama di Indonesia yang menjalan protokol kesehatan ketat dalam pelaksanaannya, dan bisa ditiru oleh rekan-rekan lainnya," ujar Direktur Utama PlusEnamDua, Muhammad Jupaka Syahputra, saat dihubungi Urbanasia.

Seperti event offline lainnya, PlusEnamDua pun tetap menghadirkan raffle sneakers yang akan digelar di Lantai GF Atrium Entrance Lobby 5, Mall Of Indonesia, Jakarta Utara pada 29 April hingga 2 Mei 2021 pukul 10.00 - 21.00 WIB. 

Tak hanya itu, PlusEnamDua juga bakal menghadirkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno dan sejumlah pelaku ekonomi kreatif Indonesia.

Sesuai dengan visi Sandiaga Uno yang ingin menggerakan kembali industri kreatif, PlusENamDua ini didukung penuh oleh Kemenparekraf. 

"Acara ini sendiri juga didukung banyak pihak seperti Loket.com, Goplay. Le Minerale, Teh Pucuk Harum, Waroeng Steak and Shake dan beberapa media pendukung," lanjut Jupaka.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait