beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Termasuk Vladimir Putin, Ini Daftar Petinggi Negara yang Absen di KTT G20 Bali 

Griska Laras,
15 November 2022 17.48.28 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Termasuk Vladimir Putin, Ini Daftar Petinggi Negara yang Absen di KTT G20 Bali 
Image: Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Dok. Kremlin)

Jakarta – Sejumlah petinggi negara anggota G20 tiba di Nusa Dua, Bali, untuk  mengikuti forum kerja sama internasional G20 Summit pada 15 - 16 November 2022. Dari total 20 negara anggota, tercatat hanya 17 petinggi negara yang hadir secara langsung.

Kehadiran para pejabat negara tersebut dikonfirmasi Presiden Joko Widodo melalui pernyataan resmi media sosial.

“Setidaknya sudah ada 17 pemimpin negara yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir. Tiga lainnya sedang ditunggu konfirmasinya,” bunyi keterangan yang tertulis dalam akun resmi Instagram @Jokowi. 

Sementara itu, tiga petinggi dari negara lain, tidak bisa mengikuti acara  KTT G20. Salah satunya Presiden Rusia Vladimir Putin. Putin tidak bisa terbang ke Bali karena masih memiliki agenda lain. Dia disebut masih memiliki urusan yang harus diselesaikan di negaranya. 

Absennya Putin dari KTT G20 disampaikan kepala Protokol Kedutaan Besar Rusia Yulia Tomskaya pada Kamis (10/11/2022). Sebagai ganti, Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov diutus sebagai delegasi Rusia. 

“Saya dapat mengonfirmasi bahwa Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov akan memimpin delegasi Rusia ke G20. Program Presiden putin masih sedang dikerjakan, dia bisa berpartisipasi secara virtual,” kata Yulia di Jakarta.

Selain Putin, pejabat tinggi lain yang berhalangan hadir dalam gelaran forum internasional tahunan adalah Presiden Brasil  Luiz Inácio Lula da Silva dan Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador.

Presiden Brasil tidak bisa datang karena transisi kekuasaan pasca pemilu dari presiden sebelumnya Jair Bolsonaro. Sedangkan Presiden Meksiko absen karena disebut-sebut tak pernah jauh dari negara asalnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait