beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Daftar Petinggi Negara yang Hadir di KTT G20 di Nusa Dua Bali

Griska Laras,
15 November 2022 17.43.11 | Waktu baca 4 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Daftar Petinggi Negara yang Hadir di KTT G20 di Nusa Dua Bali
Image: Jokowi lakukan pertemuan bilateral dengan Presiden AS Joe Biden di The Apurva Kempinski Bali, Senin (14/11/2022). (Dok. Setkab RI)

Jakarta – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 akan dilaksanakan di Nusa Dua pada 15 - 16 November. Mengusung tema ‘Recover Together, Recover Stronger’, acara ini akan diikuti 19 anggota negara dan satu organisasi pemerintahan. 

Anggota G20 sendiri terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Jerman, Italia, Kanada, Meksiko, Korea Selatan, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa. Dari total 20 anggota, Presiden Jokowi mengatakan ada 17 kepala negara yang akan hadir. 

“Setidaknya sudah ada 17 pemimpin negara yang telah menyatakan kesediaan untuk hadir. Tiga lainnya sedang ditunggu konfirmasinya,” bunyi keterangan yang tertulis dalam akun resmi Instagram @Jokowi. 

Berikut daftar petinggi negara yang akan hadir di KTT G20 di Nusa Dua, Bali.

1. Presiden Republik Indonesia –  Joko Widodo 

Presiden Joko Widodo akan hadir dalam Konferensi Tingkat Tinggi G20 selaku tuan rumah. Dalam acara tersebut, Jokowi akan membahas perbaikan ekonomi di tengah krisis global pasca pandemi. 

2. Presiden Amerika Serikat – Joe Biden 
Joe Biden merupakan salah satu petinggi negara yang dikonfirmasi hadir. Dia tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sejak Minggu (13/11/2022) pukul 22.14 WITA. 

3. Perdana Menteri Jepang – Fumio Kishida 

Ditemani istrinya, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mendarat di Bandara Ngurah Rai Bali, Senin (14/11/2022) dini hari. Kishida kabarnya akan melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Cina Xi Jinping dalam forum internasional itu. 

4. Presiden Cina – Xi Jinping 

Kehadiran Presiden Cina Xi Jinping di KTT G20 dikonfirmasi oleh Presiden Jokowi saat melihat persiapan tempat acara, Selasa (8/11/2022). Pada hari ini (14/11/2022), Xi Jinping dijadwalkan tiba di Bali dan bertemu dengan Biden. 

5. Perdana Menteri Inggris – Rishi Sunak 

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak baru saja tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai Senin (14/11/2022). Sunak dilaporkan bakal mengkonfrontasi Cina dan Rusia secara langsung terkait akses kredit negara-negara berkembang. Selama ini dia kerap menggunakan diksi ‘eksploitatif’ terhadap dua negara tersebut. 

6. Perdana Menteri Kanada – Justin Trudue 

Justin Trudeu mengumumkan langsung kehadirannya di KTT G20 di laman resmi pemerintah Kanada, Rabu (2/11/2022). Dilaporkan Global News, Trudeau kabarnya bakal berangkat ke Bali hari ini. 

7. Perdana Menteri Italia – Giorgia Meloni 

Perdana Menteri Italia Giorgia Meloni juga dipastikan hadir di KTT G20. Kehadiran pemimpin negara yang baru menjabat akhir Oktober lalu itu dikonfirmasi Menteri Luar Negeri Retno Marsudi beberapa waktu lalu. 

8. Presiden Turki – Recep Tayyip Erdogan

Recep Tayyip Erdogan bakal hadir secara langsung di KTT G20. Dia tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai bersama sang istri, Senin (14/11/2022). Setibanya di Indonesia Erdogan disambut Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Bali I Wayan Koster. 

9. Perdana Menteri Arab Saudi – Mohammed bin Salman 

Perdana Menteri sekaligus Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman dipastikan hadir secara fisik dalam pertemuan G20 mewakili Raja Salman. Meski demikian, belum ada keterangan resmi dari Kementerian Luar Negeri RI dan Kedubes Saudi di Jakarta terkait siapa yang akan memimpin delegasi dalam pertemuan puncak. 

10. Presiden Korea Selatan – Yoon Suk Yeol 

Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol dipastikan hadir dalam pertemuan di Bali. Kantor berita lokal KBS melaporkan Yoon telah mendarat di Bandara Ngurah Rai Senin (14/11/2022) pagi.  

Yoon berencana menggelar pertemuan bilateral dengan Biden dan pertemuan trilateral bersama Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida. 

11. Presiden Argentina – Alberto Fernandez 

Presiden Argentina Alberto Fernandez juga turut hadir dalam KTT G20 di Nusa Dua. Menurut laporan Reuters, Fernandez akan terbang ke Bali setelah memenuhi undangan dialog di Paris. Di acara ini, dia bakal mengadakan pembicaraan mencakup isu seperti iklim dan dampaknya terhadap negara termiskin.  

12. Perdana Menteri Australia – Anthony Albanese 

Anthony Albanese mengkonfirmasi langsung partisipasinya di acara KTT G20 kepada Jokowi. Menurut Albanese, KTT G20 akan menjadi solusi untuk menghadapi banyak tantangan di tengah ketidakpastian ekonomi. 

13. Perdana Menteri India – Narendra Modi 

Narendra Modi juga hadir secara langsung di KTT G20. Gelaran tersebut menjadi momen penting bagi India untuk meneruskan presidensi forum tahun depan. Narendra Modi kabarnya akan tiba di Bandara Internasional Ngurah Rai pada Senin (14/11/2022) malam. 

14. Presiden Afrika Selatan – Cyril Ramaphosa 
Pemerintah Afrika Selatan telah mengkonfirmasi keikutsertaan mereka dalam ajang KTT G20 beberapa waktu lalu. 

Dilaporkan Reuters, Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa akan mengadakan diskusi tentang kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital. 

15. Kanselir Jerman – Olaf Scholz

Kanselir Jerman Olaf Scholz juga akan menghadiri KTT G20 secara langsung. Scholz kabarnya akan bertolak ke Bali setelah mengunjungi Vietnam dan Singapura dalam mendiversifikasi perdagangan di wilayah tersebut. 

16. Presiden Perancis – Emmanuel Macron

Presiden Perancis Emmanuel Macron telah tiba di Bandara Ngurah Rai Bali, Senin (14/11/2022) sore. Dia dijadwalkan bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping dan Perdana Menteri Narendra Modi untuk membahas kerja sama bilateral. 

17. Presiden Komisi Uni Eropa – Corales Michel 

Organisasi antarpemerintahan Uni Emirat Arab akan mengutus Presiden Komisaris Corales Michel. Dia telah tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam. 

Sementara itu, tiga petinggi negara lainnya berhalangan hadir. Ketiga pejabat negara tersebut adalah Vladimir Putin dari Rusia, Presiden terpilih Luiz Inacio Lula da Silva dari Brasil, dan Andres Manuel Lopez Obrador dari Meksiko. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait