menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Ternyata Ini Penyebab Toner Kurang Bekerja Maksimal

Dyta Nabilah,
18 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Ternyata Ini Penyebab Toner Kurang Bekerja Maksimal
Image: Toner tak bekerja maksimal di wajah (Paxels/Ray Piendra)

Jakarta - Menjaga kulit wajah agar tetap glowing dan sehat sebaiknya menjadi kewajiban. Salah satu caranya dengan menggunakan rangkaian perawatan atau skincare yang cocok dengan kondisi kulit. Kini, mulai remaja hingga dewasa pun sudah banyak yang menyadari betapa pentingnya skincare wajah.

Salah satu jenis skincare yang familiar yakni toner. Namun, kerap kali pemula mengeluhkan toner yang dipakai nggak berpengaruh ke kulit wajah mereka. Ternyata, ada beberapa alasan di baliknya loh! Supaya nggak bingung, yuk simak penjelasan berikut ini!

Bahan Aktif Toner Nggak Sesuai Masalah Kulit 

Berbagai macam toner dengan ingredients yang beda sudah terjual di pasaran. Meski begitu, kalian nggak boleh asal pilih produknya loh! Pemakaian toner harus disesuaikan dengan permasalahan kulit. Sebelum membeli toner, harus tau dulu apakah kulitmu kering, kusam, atau berjerawat. 

Ada toner yang bisa untuk menghidrasi, biasanya digunakan kulit yang kering dan mengelupas. Lalu, ada juga toner eksfoliasi untuk meregenerasi kulit, terdiri dari bahan aktif AHA atau BHA. Atau, jika ingin hilangkan jerawat bisa pakai toner berbahan aktif salicylic acid.

Salah Mengaplikasikan Toner 

1619774038-pexels-photo-5938601.jpgSumber: Toner kurang bekerja maksimal (Paxels/SoraShimazaki)

Terdapat dua cara mengaplikasikan toner ke kulit wajah. Pertama, kamu bisa menggunakan kapas lalu mengusapnya ke seluruh wajah. Opsi lain, bisa tuangkan di tangan dan menepuk-nepuk kulit wajah. Ini sesuai preferensi pribadi, namun alangkah baiknya perhatikan apa masalah kulit dan jenis toner yang dipakai.

Kulit berminyak dan berjerawat baik gunakan toner dengan kapas untuk mengangkat kotoran atau residu yang menempel. Sedangkan kulit yang kering lebih cocok mengaplikasikan toner dengan tangan agar lebih meresap dan lembab.

Jeda Pemakaian Antar Produk Terlalu Lama

Apakah kamu memberi jeda yang lama untuk pakai produk setelah toner? Ternyata hal ini merupakan salah satu kesalahan loh! 

Nggak perlu menunggu toner sampai kering untuk melanjutkan skincare lainnya. Ketika kulitmu masih lembab, ini waktu yang tepat untuk memakai serum atau pelembab agar toner bekerja lebih maksimal. 

Tidak Memakai Pelembab 

Produk skincare itu memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Maka dari itu, ada produk wajib yang harus digunakan supaya pemakaian skincare nggak sia-sia. Biasanya, pemula lebih memilih basic skincare untuk menghindari iritasi yakni CTMP (cleansing, toner, moisturizer, protect). 

Setelah toner, kamu wajib gunakan moisturizer atau pelembab. Tujuannya adalah pelembab bisa mengunci dan melindungi bahan aktif yang ada dalam toner. Risiko buruknya, kulit bisa iritasi loh!

Ekspektasi yang Terlalu Tinggi

Sebelum kecewa dengan skincare yang kamu beli, perlu dipahami bahwa kulit wajah itu berbeda-beda. Ada produk yang cocok untuk orang lain, tapi nggak bekerja dengan kulit wajahmu. 

Selain itu, toner juga memerlukan waktu yang lama untuk bekerja. Harga yang mahal nggak menjamin akan membuat kulitmu glowing seketika, loh! Jadi, memakai skincare memang butuh kesabaran yang ekstra.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait