Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Terungkap, Apple Sempat Akan Bikin iPhone Nano

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Terungkap, Apple Sempat Akan Bikin iPhone Nano
Image: Apple menutup sementara 100 tokonya di sejumlah negara. (Foto: Apple)

Jakarta - Sepuluh tahun lalu, tepatnya 2011, tersiar rumor kalau Apple akan membuat iPhone Nano. Ternyata rencana tersebut bukan sekadar desas-desus.

Jadi, dalam kasus hukum antara Epic dan Apple dibeberkan kumpulan email yang dikirimkan oleh pendiri Apple, Steve Jobs. Salah satunya email yang dikirimkan pada Oktober 2010. 

Dalam email tersebut, Jobs yang kala itu CEO Apple tengah mengagendakan pertemuan untuk membahas strategi 2011. Isi email sendiri tidak begitu detail namun tersirat rencana iPhone Nano.

Dilansir dari The Verge, email yang dikirimkanJobs memiliki poin 'iPhone nano plan', dengan sub-poin di bawahnya tentang 'cost goal' dan sub-poin tentang 'Jony'.

Jony yang dimaksudkan adalah mantan bos desain Apple Jony Ive, akan memamerkan model atau render iPhone nano.

Dalam email ‘Strategi 2011’ itu juga memiliki sub-poin yang berisi 'membuat model iPhone terjangkau berdasarkan iPod touch untuk menggantikan 3GS. Tapi tidak diketahui apakah itu poin itu merujuk pada iPhone nano atau bukan. Namun pada perkembangannya iPhone Nano hanya sebatas email saja karena Apple tidak pernah merealisasikannya.

Bahkan Apple menghentikan iPod Nano pada tahun 2017 dan sebagai gantinya memilih nama ‘Mini’ untuk iPhone 12 Mini dan HomePod Mini yang tersedia saat ini.

Padahal, menyenangkan untuk membayangkan seperti apa iPhone Nano jika benar-benar dibuat. Kemungkinan ukurannya jauh lebih kecil dari iPhone 4 dan bisa dibilang cukup untuk saat ini. Tapi bila berkaca sekarang pastilah sangat mini mengingat layar iPhone 4 saja terasa susah sangat kecil.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait