beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Thrifting Pakaian Makin Ngetren, Ini Tips dan Triknya Buat Pemula!

Griska Laras,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Thrifting Pakaian Makin Ngetren, Ini Tips dan Triknya Buat Pemula!
Image: Ilustrasi penyewaan baju (Rentique)

Jakarta - Tampil modis dan fashionable nggak melulu harus membeli pakaian baru dan mahal. Kamu tetap bisa berpakaian stylish tanpa over budget dengan cara thrifting. Thrifting sendiri merupakan kegiatan belanja barang bekas yang masih layak pakai dengan harga murah. 

Tren thrift shopping belakang ini makin digemari anak muda. Pasalnya kamu bisa menemukan pakaian branded dambaan dengan harga miring di sejumlah thrift shop. Berikut tips dan trik yang bisa menjadi panduan thrifting untuk yang pertama kalinya.

1. Buat rencana belanja

1635947477-koleksi-baju.jpgSumber: Ilustrasi Koleksi Baju. (Pixabay/nothernlightsgirl)

Thrift shop menawarkan barang-barang dengan harga lebih murah. Tapi kalau kamu membeli barang dalam jumlah banyak, uang yang kamu keluarkan mungkin akan lebih besar daripada belanja di toko biasa. Karena itu catat barang atau pakaian yang kamu perlukan agar tidak impulsif, misalnya coat atau leather jacket. 

2. Selektif dan teliti dalam membeli 

1611023136-baju-corak.jpgSumber: baju corak (Freepik)

Hal yang perlu diingat saat thrifting adalah tidak semua pakaian dalam kondisi bagus. Memang sih kualitas pakaian bekas tidak sebagus pakaian baru. Tapi kamu harus tetap teliti dan selektif sebelum membeli supaya terhindar dari penyesalan. 

3. Pakai baju pas badan saat berbelanja

1631789176-ilustrasi-pakaian.pngSumber: Ilustrasi pakaian (Unsplash/Priscilla Du)

Sebaiknya pakai baju pas badan ketika thrifting. Ini akan membantumu mencoba baju-baju yang kamu taksir. 

Toko-toko pakaian bekas biasanya tidak menyediakan fitting room. Jadi, kamu harus mencobanya di tempat. Sayang kan kalau sudah beli, tapi nggak bisa dipakai karena kekecilan? 

4. Perhatikan ukuran pakaian 

1626596047-Ilustrasi-Pakaian.jpgSumber: Ilustrasi Pakaian. (Freepik/wirestock)

Umumnya pakaian second yang dijual di toko bekas dikirim dari luar negeri, seperti Korea, Cina, hingga Amerika Serikat. Tiap negara memiliki standar ukuran pakaian yang berbeda-beda. 

Misalnya, kaos dari Amerika Serikat dua kali lebih besar dibandingkan dengan kaos produksi Cina meskipun ukurannya sama. Karena itu, penting banget untuk teliti memilih ukuran pakaian yang akan dibeli. 

5. Cuci pakaian sebelum digunakan

1636108175-mencuci-baju.jpgSumber: Ilustrasi Mencuci Baju (Freepik/Freepik)

Baju-baju yang dijual di thriftshop sudah dipakai dan dicoba banyak orang sehingga kebersihannya patut diragukan. Supaya terhindar dari risiko tertular penyakit, cuci pakaian yang kamu beli dengan air hangat sebelum digunakan. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait