beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Wajib Tahu! Ini 15 Istilah Populer di Dunia Fashion 

Griska Laras,
5 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wajib Tahu! Ini 15 Istilah Populer di Dunia Fashion 
Image: Ilustrasi zodiak yang fashionable (fFeepik/halayalex)

Jakarta - Saat berbicara tentang fashion, ada beberapa istilah asing yang kerap dipakai untuk menggambarkan sebuah gaya atau pakaian. Nah biar nggak gagal paham, berikut Urbanasia rangkum istilah-istilah yang sering muncul di dunia mode. Apa saja? 

1. Trendsetter

Kata ‘trendsetter’ dipakai untuk menggambarkan orang yang menciptakan tren pakaian atau mode baru. 

2. Outfit

Outfit merujuk pada keseluruhan fashion item yang sedang dikenakan seseorang dari ujung kepala hingga kaki. 

3. Stylish 

Kata ini dipakai untuk menyebut orang yang memiliki selera mode tinggi atau memiliki kemampuan untuk memadukan pakaian maupun aksesoris. 

4. Chic 

Chic atau Chique dalam bahasa Perancis memiliki arti keanggunan atau berkelas. Chic menggambarkan seseorang yang stylish tanpa mengikuti trend pakaian saat itu. 

5. Haute Couture

Haute Couture menggambarkan fashion kelas atas. Fashion haute couture dibuat dari bahan berkualitas terbaik dan teknik tinggi. Pakaian haute couture juga memiliki hiasan mendetail sehingga membutuhkan waktu lama untuk membuatnya. 

6. Fabric Swatches

Istilah ini umumnya muncul dalam proses produksi sebuah pakaian. Fabric Swatches adalah sepotong kain yang digunakan sebagai sampel untuk memilih warna dan jenis kain. 

7. Capsule wardrobe 

Muncul pertama kali di tahun 70-an, capsule wardrobe dipakai untuk menggambarkan cara berpakaian dengan memadukan beberapa pakaian saja. Umumnya pakaian yang dipadukan dalam capsule wardrobe bergaya klasik dan timeless, seperti kaos, jeans, hingga denim jacket. 

8. Fashion Faux Pas 

Dalam bahasa Perancis, Faux Pax berarti melenceng. Orang-orang yang menerapkan style ini berani tampil beda dengan mendobrak tren mode saat itu. Misalnya, memadukan kemeja fit body dengan dasi, dan celana pendek. 

9. Pret- a - porter

Pret a porter merupakan istilah untuk menyebut koleksi siap pakai dari sebuah brand (ready to wear). Koleksi tersebut umumnya diproduksi secara massal dengan berbagai ukuran standar internasional (S,M,L,XL). 

10. Attire 

Istilah ini digunakan untuk menyebut pakaian resmi yang digunakan di acara formal. Misalnya, wedding attire, office attire, business attire. 

11. Atelier

Atelier merupakan istilah untuk menyebut tempat (studio) desainer yang digunakan untuk merancang pakaian.

12. Fashionista 

Istilah ini kerap digunakan untuk menyebut semua orang yang berkecimpung di dunia mode, seperti desainer, model, fotografer, penilos fashion. 

13. Layering 

Dalam dunia mode, layering merujuk pada memadukan beberapa item sekaligus untuk menciptakan gaya yang lebih stylish, misalnya memadukan leather jacket dengan midi dress dan ankle boots. 

14. Sophisticated

Istilah ini menggambarkan seseorang yang memiliki selera fashion yang berkelas, elegan, namun tetap tidak berlebihan. 

15. Oversized

Oversized merujuk pada jenis pakaian yang longgar atau berukuran lebih besar dari ukuran tubuh seseorang. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait