beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

TikTok Now Hadir di Indonesia, Apa Sih Itu?

Shinta Galih,
21 September 2022 18.51.22 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
TikTok Now Hadir di Indonesia, Apa Sih Itu?
Image: Pixabay/travelsourced

Jakarta - TikTok Now resmi hadir di Indonesia. Apa bedanya dengan layanan TikTok yang sudah ada?

Jadi TikTok Now adalah cara baru untuk terhibur dan terhubung dengan sesama komunitas. Layanan ini memungkinkan pengguna berbagi foto dan video dengan orang-orang terdekat. 

"TikTok Now menghadirkan sisi autentik TikTok menjadi pengalaman kratif baru yang menghubungkan komunitas," kata pihak TikTok dalam keterangan resminya dikutip Urbanasia, Selasa (20/9/2022).

1663674745-b08103e3b28efd3de48df782b7dd4f19.pngSumber: TikTok

Lewat layanan ini, pengguna dapat menerima permintaan harian untuk merekam video berdurasi 10 detik maupun foto dan membagikannya dengan mudah.

Rekaman video tersebut bisa memanfaatkan kamera depan maupun kamera belakang ponsel. Pengguna akan menerima notifikasi peringatan apabila belum mengunggah konten sama sekali dalam satu hari.

Di TikTok Now, sang kreator akan menjadi pemegang kendali untuk memutuskan siapa yang dapat melihat atau terlibat dengan konten mereka. Mereka juga dapat memblokir orang lain dan memilih komentar mana saja yang muncul pada konten mereka.

Jika ditemukan perilaku yang melanggar Panduan Komunitas TikTok, kreator dapat melaporkannya untuk ditinjau kembali lebih lanjut. TikTok Now sendiri akan mulai diluncurkan untuk pengguna di seluruh dunia dalam beberapa minggu mendatang.

Layaknya TikTok, bila pengguna berusia di bawah 16 tahun membuat akun TikTok Now, maka akan diatur menjadi akun private secara default. 

Selain itu, pengguna yang berusia di bawah 18 tahun dipastikan tidak akan dapat membagikan konten mereka di laman Explore. Serta pengguna berusia antara 13 dan 15 tahun akan hanya bisa memiliki opsi komentar 'Hanya untuk Teman', dengan tujuan untuk membantu melindungi mereka dari interaksi yang tidak diinginkan.

Sementara untuk pengguna yang berusia 18 tahun ke atas, akan memiliki berbagai setelan tambahan. Yaitu selain berbagi dengan sesama teman, mereka juga dapat memilih untuk membagikan postingan mereka dengan komunitas TikTok Now yang lebih luas berdasarkan pengaturan privasi yang telah mereka pilih.

Bila ingin mengubah pengaturan privasi tersebut, pengguna bisa mengetuk opsi 'Teman Dapat Melihat' di layar Post, lalu pilih siapa yang ingin diberikan izin untuk melihat unggahan.

TikTok Now dapat diunduh lewat Play Store di Android serta  App Store di iPhone.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait