Birmingham - Tahun lalu, Liverpool yang menurunkan tim mudanya dan dibantai di markas Aston Villa. Kini gantian The Reds yang menghajar balik The Villans dengan skor 4-1.

Villa dan Liverpool bertemu di perempatfinal Piala Liga Inggris Desember 2019. Saat itu Liverpool bertabrakan jadwalnya dengan penampilannya di Piala Dunia Antarklub dan tidak bisa diundur.

Alhasil, Liverpool memilih untuk menurunkan tim U-23 menghadapi Villa yang memainkan tim seniornya. Sempat memberikan perlawanan kepada Villa, Liverpool yang kala itu ditangani Neil Critchley harus takluk dengan skor 0-5.

Nah, setahun berselang, giliran Villa yang bernasih serupa seperti Liverpool. Outbreak virus corona di tim utama membuat pusat latihan tim ditutup dan tim senior pun tidak diizinkan untuk turun juga di Piala FA.

Alhasil, Villa yang melakoni babak ketiga Piala FA di Villa Park, Sabtu (9/1/2021) dini hari WIB, harus menurunkan tim yang berisikan campuran pemain U-23 dan U-18. Liverpool yang kadung mempersiapkan tim terbaiknya diuntungkan.

Baru tiga menit laga berjalan, Sadio Mane sudah membawa Liverpool unggul saat bola crossing Curtis Jones disundulnya dan tak kuasa dihalau kiper Villa. Setelah unggul, Liverpool memang banyak membuat peluang tapi selalu gagal jadi gol.

Yang ada gawang Caoimhin Kelleher bobol pada menit ke-40 saat Louie Barry lolos dari kawalan Fabinho dan Rhys Williams usai menerima umpan terobosan Callum Rowe dan menyepak dari jarak dekat. Liam Barry jadi pemain termuda Premier League yang membuat gol di Piala FA pada usia 17 tahun 201 hari.

Skor 1-1 ini membuat Liverpool tersentak dan di babak kedua, mereka meningkatkan intensitas serangan untuk bisa mencetak gol. Pada menit ke-59, Gini Wijnaldum membawa Liverpool unggul lewat sontekan di dalam gawang meneruskan umpan tarik Takumi Minamino.

Keunggulan Liverpool bertambah pada menit ke-63 saat Mane meneruskan umpan lambung Xherdan Shaqiri dengan kepalanya dan bola bersarang di pojok gawang. Mohamed Salah empat menit berselang memastikan kemenangan dengan skor 4-1 lewat sepakan mendatar ke jala Villa.

Liverpool menang 4-1 dan lolos ke babak keempat. Ini jadi kali pertama Liverpool mencetak empat gol di laga tandang Piala FA sejak 7-0 atas Birmingham City Maret 2006.

Komentar
paper plane