beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Tips Bersihkan Alat Pemanggang Habis Pakai

Alfian Muntahanatul Ulya,
23 November 2022 13.26.41 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Bersihkan Alat Pemanggang Habis Pakai
Image: Ilustrasi Alat Pemanggang BBQ (Pexels)

Jakarta - Bagian paling bikin malas ketika selesai barbeque-an bareng teman atau keluarga adalah mencuci dan membersihkan alat pemanggang itu sendiri, bukan? 

Bukan apa-apa, alat panggangan sate seperti itu biasanya berubah menjadi gosong dan berkerak karena timbunan sisa makanan atau bumbu setelah berulangkali dipakai. 

Sebelum membersihkannya pun kamu pasti sudah membayangkan betapa sulitnya dan perlu effort lebih untuk menyingkirkan kotoran-kotoran itu, ya nggak?

Nah daripada sibuk ngedumel karena bingung harus mulai dari mana membersihkannya, mending simak tips-tipsnya berikut ini!

Siapkan:
- Produk pembersih khusus atau serbaguna
- Ember
- Air panas atau hangat
- Sabun cuci piring
- Batu apung atau sikat kawat
- Selang dengan ujung bertekanan tinggi
- Sarung tangan karet

Sebelum mulai membersihkan alat panggangan barbeque atau sate tadi, tunggu hingga suhu panas dari alat tadi turun terlebih dulu ya, Urbanreaders. Biar nggak melukai tangan dan keraknya lebih mudah dirontokkan.

Instruksi:

1. Pastikan kamu sudah memakai sarung tangan karet dan baju yang siap untuk terkena kotor atau noda dari alat pemanggang tersebut.
2. Cari tempat yang cukup lapang seperti halaman depan atau belakang rumah, atau bisa juga di dalam kamar mandi yang cukup luas untuk membersihkan alat itu.
3. Semprot bagian dalam alat pemanggang tadi dengan air mengalir dari selang yang sudah disiapkan. Pastikan air yang dipercikkan intensitasnya tinggi untuk membantu merontokkan kerak.
4. Gosok seluruh bagian alat pemanggang menggunakan batu apung atau sikat kawat hingga bersih dan kerak yang membandel ikut terangkat. Tetap hati-hati ya Urbanreaders, biar nggak menggores permukaan yang ada lapisan elemen pemanas.
5. Setelah yakin alat pemanggangmu sudah bersih dari noda kerak atau gosong yang membandel, siram dan gosok perlahan dengan air hangat yang dicampur dengan sabun cuci piring, lalu bilas hingga benar-benar bersih.

Berikut tadi adalah trik untuk membersihkan alat pemanggang sate atau barbeque-mu, Urbanreaders. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait