menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Tips Bersihkan Keyboard Laptop Agar Terbebas dari Kuman dan Bakteri

Nivita Saldyni,
4 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Bersihkan Keyboard Laptop Agar Terbebas dari Kuman dan Bakteri
Image: Ilustrasi bersihkan laptop. (Getty Images)

Jakarta - Pandemi COVID-19 telah membuat kita lebih sering menggunakan laptop atau komputer untuk bekerja maupun belajar. Namun, tahukah kamu kalau perangkat yang kita gunakan sehari-hari itu bisa jadi 'rumah' bagi bakteri, kuman, bahkan virus?

Penelitian berjudul 'Bytes and Bacteria: Exposing the Germs on your Technology' yang dilakukan oleh CBT Nuggets menemukan, keyboard laptop ternyata memiliki 20.598 kali lebih kotor dibandingkan dudukan toilet loh.

Penelitian Swinburne University of Technology di Australia juga menemukan kalau keyboard pada komputer dan laptop bisa menjadi sarang bakteri tingkat tinggi, apalagi jika komputer atau laptop itu digunakan lebih dari satu orang.

Nggak heran deh kalau banyak penelitian menyebutkan keyboard laptop atau komputer yang hampir kamu gunakan setiap hari itu bisa jadi 'rumah' bakteri, kuman, dan juga virus yang bisa mengganggu kesehatan kita.

Lalu bagaimana cara agar perangkat yang kita gunakan sehari-hari ini tetap bersih? Dilansir dari National Center for Health Research (NCHR) ada sejumlah langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan keyboardmu nih, simak ya!

1. Bersihkan tangan sebelum membersihkan keyboard

Sebelum mulai membersihkan keyboard, pastikan tanganmu dalam kondisi bersih ya guys. Cuci dulu tanganmu dengan sabun dan air mengalir. Kamu juga bisa menyiapkan sarung tangan sekali pakai agar kebersihan tetap terjaga.

2. Matikan perangkat

Sebelum membersihkan keyboard, kamu harus mematikan dulu laptop atau pun komputermu. Lalu, balik keyboard dan goyang secara perlahan untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang menempel.

3. Gunakan cairan dan kain yang tepat

Pastikan kamu menggunakan kain microfiber dan juga cairan desinfektan yang mengandung 70 persen isopropil alkohol untuk membersihkan keyboardmu ya.

Cairan disinfektan ini efektif untuk membersihkan dan mendisinfektan perangkat dari ancaman virus guys. Kemudian basahi kain microfibermu dengan cairan desinfektan sampai lembab (tidak basah) sebelum dilap di permukaan keyboard.

4. Pastikan tak ada celah yang terlewat

Nah kamu harus membersihkan seluruh permukaan keyboard ya guys. Pastikan tak ada celah-celah yang terlewat. Saat membersihkan keyboard, gak ada salahnya nih sekalian membersihkan area lainnya seperti layar, tauchpad di laptop atau mouse komputer dan bagian lain yang sering kamu sentuh.

Agar seluruh kotoran terangkat, kamu bisa juga menggunakan kuas atau vacuum cleaner mini untuk membersihkan kotoran di sela -sela tombol keyboard. Kalau sudah, tinggal keringkan deh. Ingat, jangan nyalakan laptop atau komputermu sebelum keyboard benar-benar kering sempurna ya!

5. Jangan lupa, cuci tanganmu lagi sesudahnya!

Kalau kamu sudah selesai membersihkan keyboardmu, jangan lupa untuk mencuci tangan lagi ya guys. Sebab mencuci tangan adalah cara terbaik untuk kita menghentikan penyebaran bakteri. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait