beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Tips Liburan Akhir Tahun Tetap Aman dan Menyenangkan di Tengah Pandemi

Nivita Saldyni,
8 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Liburan Akhir Tahun Tetap Aman dan Menyenangkan di Tengah Pandemi
Image: Ilustrasi liburan. (freepik)

Yogyakarta - Kondisi pandemi COVID-19 di Indonesia jelang tahun baru memang perlu diwaspadai, terlebih sejak masuknya varian Omicron beberapa waktu lalu. Namun, kamu bisa loh membuat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) kali ini tetap menyenangkan dan aman.

Psikolog dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Diana Setiyawati mengatakan bahwa liburan di tengah pandemi memang perlu persiapan yang baik. Persiapan tentu dibutuhkan, apalagi jika kamu ingin menghabiskan waktu dengan keluarga maka kamu butuh mempersiapkan program yang terencana untuk family time.

“Misalnya main kuis bersama, masak bersama, dan kegiatan lain sambil diskusi tentang keluarga,” kata Diana seperti dikutip dari keterangannya, Selasa (28/12/2021).

Nah jika dalam keluarga Urbanreaders ada anak-anak, maka buatlah kegiatan yang berbeda dari rutinitas biasanya. Hal ini agar anak merasa liburan kali ini lebih berkesan.

Terlebih, kata Diana, sejak pandemi COVID-19 kondisi pembelajaran siswa berbeda dengan sebelum pandemi. Perbedaan itu pun juga terasa saat liburan sekolah seperti sekarang ini.

“Jika ada tugas yang diberikan sekolah semasa libur, tugas-tugas yang ada bisa dimaksimalkan dikerjakan bersama keluarga,” ungkapnya.

Menurut peneliti di Center for Public Mental Health (CPMH) Fakultas Psikologi UGM ini, liburan juga tak harus ke luar rumah. Apalagi saat ini kita harus lebih waspada terhadap pandemi COVID-19 dengan masuknya varian Omicron ke Indonesia.

"Namun, jika akan berlibur ke luar rumah, pilih destinasi wisata yang aman. Selain itu tetap mematuhi protokol kesehatan, memilih moda transportasi yang aman serta pemilihan waktu yang tepat," sarannya.

Untuk kamu yang merencanakan liburan di rumah aja pun tak perlu khawatir. Sebab, menurut Diana ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan bersama keluarga di rumah.

"Selain membuat acara seru bersama keluarga seperti memasak, bermain bersama dan lainnya, liburan di rumah juga dapat diisi dengan mengikuti program online. Misalnya seperti piknik online, bioskop online dan kegiatan seru online lainnya," pungkas Diana.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait