beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Tips Membasmi Rumput Liar Secara Permanen

Alfian Muntahanatul Ulya,
21 November 2022 15.20.49 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Membasmi Rumput Liar Secara Permanen
Image: Ilustrasi Rumput Liar (Foto: Pexels)

Jakarta - Cara menanam tanaman yang kurang pas terkadang menyebabkan rumput liar jadi tumbuh di sekitarnya. Benih rumput liar ini biasanya ada di tanah bagian dalam. Makanya saat akan menanam disarankan untuk nggak mengaduk tanah terlalu dalam. 

Rumput liar ini berpotensi menjadi penghalang perkembangan tanaman kesayanganmu, jadi jangan biarkan mereka hidup berdempetan dengan di pot atau pekarangan rumah.

Mungkin beberapa di antara kalian masih belum tahu bagaimana cara untuk membasmi rumput liar ini hingga ke akar-akarnya.  Karena kalau hanya dicabut, belum tentu rumput itu nggak akan tumbuh lagi. Jadi yuk langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Basmi dengan Garam

Bahan dapur satu ini bisa kamu gunakan untuk membasmi rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman kesayanganmu lho, Urbanreaders.

Caranya juga gampang, campur garam dengan air dengan rasio 2:1, atau semakin banyak garam yang dilarutkan juga semakin bagus. Masukkan larutan ke dalam botol semprot, lalu siramkan ke bagian daun, batang, dan sekitar akar rumput liar.

2. Manfaatkan Koran Bekas

Siapa sangka jika koran bekas ternyata juga salah satu alat yang bisa kita gunakan untuk membasmi rumput liar hingga ke akar-akarnya. Nah, daripada koranmu menumpuk, mending dipakai untuk itu.

Ambil 10 lembar koran bekas, hamparkan di atas rumput liar itu tumbuh. Tumpuk jadi satu, lalu basahi dengan air agar koran itu menempel di tanah. Kemudian, lapisi koran dengan mulsa setebal 3-6 cm.

Setelah itu biarkan rumput liar hingga mulai tumbuh di atas mulsa, baru lapisi lagi dengan koran dan mulsa, dengan langkah yang sama. Fungsi dari koran dan mulsa yang berlapis ini adalah untuk mencegah rumput liar bertumbuh.

3. Gunakan Cuka

Cara efektif lainnya adalah menggunakan cuka. Tapi sebelum melakukannya, pastikan kamu sudah menutupi tanaman kesayanganmu agar tidak ikut mati karena cuka.

Kemudian tuang cuka ke dalam botol semprot, jika ingin lebih ampuh lagi, kamu bisa menambahkan sedikit cairan sabun pencuci piring. 

Lalu siapkan botol plastik bekas ukuran 1,5 liter dan potong bagian bawah botol hingga berlubang. Selanjutnya, letakkan botol tersebut di atas rumput liar yang ingin dibasmi. Baru kamu bisa menyemprotkan cuka ke rumput liar dengan tepat sasaran lewat mulut botol itu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait