menu
user
URstyle

Rekomendasi 4 Channel YouTube untuk Kamu yang Hobi Berkebun

Nivita Saldyni,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Rekomendasi 4 Channel YouTube untuk Kamu yang Hobi Berkebun
Image: Ilustrasi berkebun. (Pixabay/Planet_fox)

Jakarta - Minat masyarakat untuk berkebun di tengah pandemi COVID-19 kian meningkat. Pasalnya selain bisa menenangkan pikiran, hobi satu ini juga punya banyak manfaat bagi kesehatan. 

Nah buat kamu yang baru melirik hobi satu ini, kamu bisa loh belajar dari berbagai channel YouTube.

Biasanya dari channel YiuTube mereka yang menggeluti bidang satu ini ada banyak inspirasi yang bisa kamu contek dan terapkan di rumah.

Berikut empat rekomendasi channel YouTube yang bisa kamu tonton untuk belajar berkebun, guys.

1. Taman Inspirasi

1615213725-YT-Taman-Inspirasi.jpgSumber: Cuplikan video Taman Inspirasi. (YouTube Taman Inspirasi)

Channel pertama datang dari orang Indonesia nih. Channel dengan 485 ribu subscribers ini banyak membagikan tips dan juga inspirasi berbagai tanaman untuk para pemula.

Mulai dari tanaman hias, buah, dan juga sayur-mayur. Semua videonya lengkap dengan panduan dan teori tentang tanaman sehingga cocok banhet untuk pemula.

Mereka juga seringkali membagikan cerita seputar pertanian dan motivasi atau kisah sukses dari para petani lainnya. Hal ini bisa membangkitkan semangat kitackita yang belum lama menekuni hobi satu ini.

Untuk yang tertarik, langsung aja mampir ke YouTube mereka di sini

2. Urban Gardening

1615213785-YT-Urban-Gardening.jpgSumber: Cuplikan video Urban Gardening. (YouTube Urban Gardening)

Channel lainnya adalah Urban Gardening. Channel yang dijalankan oleh Mohit Kumar Singh Rajput dari India ini cukup punya banyak subscribers loh. Saat berita ini ditulis, channel Mohit sudah mengantongi 1.11 juta subscribers, guys!

Channel ini berisi banyak video menarik tentang panduan merawat berbagai jenis tanaman. Vlog-vlog Mohit juga informatif dan cukup menghibur.

Nggak heran deh ya karena doi mengaku punya pengalaman lebih dari 18 tahun di bidang satu ini. Nah buat kamu yang tertarik bisa langsung mampir ke channel mereka di sini.

3. The Gardening Channel with James Prigioni

1615213867-YT-James-Prigioni.jpgSumber: Cuplikan video The Gardening Channel with James Prigioni. (YouTube The Gardening Channel with James Prigioni)

Channel menarik lainnya adalah The Gardening Channel with James Prigioni. Channel yang dijalankan oleh YouTuber asal Australia ini juga cukup populer, khususnya di antara mereka yang tertarik berkebun organik.

Lewat videonya, James mengajak kita untuk berkebun dengan tidak menggunakan pestisida, fungisida, ataupun herbisida dan sejenisnya.

Video yang disajikan pun cukup menarik. Apalagi saat Tuck, anjing James ikut eksis dalam videonya. Kini, channel yang telah aktif sejak tahun 2012 itu telah memiliki 659 ribu subscribers loh.

Nah kalau Urbanreaders tertarik, bisa banget mampir ke YouTube James di sini.

4. Kebun Organik

1615213916-YT-Kebun-Organik.jpgSumber: Cuplikan video Kebun Organik. (YouTube Kebun Organik)

Channel YouTube rekomendasi lainnya adalah Kebun Organik. Channel YouTube satu ini cocok banget untuk kamu yang tertarik berkebun sayur di rumah.

Sama dengan channel James, channel ini juga menyajikan beragam video berkebun dengan sistem organik.

Selain tips, mereka juga sering kali membahas informasi-informasi menarik seputar pertanian.

Jadi pas banget nih kalau kamu sedang belajar berkebun dan mampir ke channel satu ini. Untuk yang penasaran, langsung aja kepoin YouTube mereka di sini guys.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait