beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URguide

Tips Memulai Frugal Living, Gaya Hidup Hemat Masa Kini

Alfian Muntahanatul Ulya,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Memulai Frugal Living, Gaya Hidup Hemat Masa Kini
Image: Ilustrasi Menerapkan Frugal Living (Pexels)

Jakarta - Sandang, papan, dan pangan memang menjadi hal yang sudah semestinya terpenuhi untuk keberlangsungan hidup sehari-hari. Tapi, kamu juga harus membedakan antara keinginan dan kebutuhan dengan menerapkan frugal living. Apa itu frugal living?

Mungkin masih asing bagi beberapa Urbanreaders, frugal living adalah cara kita untuk menyadari keputusan dalam mengelola keuangan, atau cara yang dilakukan guna memenuhi tujuan keuangan di masa depan dengan berhemat.

Frugal living ini bisa diterapkan oleh siapa saja, bahkan mereka yang berkecukupan sekalipun. Beberapa tokoh ternama dunia, seperti Mark Zuckerberg, Keanu Reeves, hingga Leonardo DiCaprio pun juga menerapkan konsep ini.

Sering dikatakan pelit, namun nyatanya cara kerja frugal living tidak demikian. Cara ini dilakukan dengan berfokus pada kebutuhan daripada menuruti keinginan yang tidak menambah nilai dalam hidup.

Berikut ini beberapa tips menerapkan frugal living dalam kehidupan sehari-hari.

1. Hindari Utang

zodiakhutang.jpgSumber: Ilustrasi utang (Pixabay)

Jika kamu memiliki keinginan untuk belanja suatu barang, hindari membelinya dengan cara berutang.

Terkadang banyak orang yang memaksakan diri karena menginginkan sesuatu, akhirnya memilih jalan pintas dengan berutang untuk mendapatkannya.

Sedangkan, ketika kamu tahu dan paham perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, kamu tidak akan sampai membuat diri sendiri terlilit utang hanya karena memenuhi keinginan semata. 

2. Masak Sendiri

1652265921-Wanita-memasak.jpegSumber: Ilustrasi wanita memasak (Freepik/senivpetro)

Untuk meminimalisir pengeluaran uang, kamu bisa mulai berhemat dengan cara memasak makanan sendiri di rumah. Selain hemat, kamu juga bisa memiliki banyak opsi untuk membuat makanan yang kamu konsumsi jadi lebih sehat.

Membawa bekal masakan sendiri dari rumah akan lebih menghemat pengeluaran daripada harus selalu membeli junk food dari resto-resto yang juga tidak terjamin kehigienisannya. Mungkin terkesan pelit, padahal tidak. Jadi kamu tidak perlu khawatir untuk mencoba tips ini.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait