beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URstyle

Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Musim Bediding

Itha Prabandhani,
12 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Menjaga Kesehatan Kulit di Musim Bediding
Image: Menjaga kesehatan kulit (Freepik//KsandrPhoto)

Jakarta – Saat ini, kita lagi mengalami musim pancaroba alias musim bediding nih, guys. Masa ini ditandai dengan angin yang cukup kencang, suhu dingin di malam hari, namun panas dan matahari bersinar cerah di siang hari. Pada musim bediding ini, banyak orang percaya ada berbagai macam penyakit yang akan muncul.

Selain munculnya penyakit musiman, salah satu hal yang sering dikeluhkan adalah kulit yang terasa kering, kasar, dan kadang bersisik. Kondisi ini biasanya terjadi pada kaki, lengan, wajah, maupun bibir. Tentu saja kondisi ini bikin kamu merasa nggak nyaman, kan? Karena itu, jangan lupa untuk merawat kulitmu di masa pancaroba ini.

Berikut beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menjaga kulitmu tetap sehat di musim bediding.

Baca Juga : Penjelasan BMKG soal Bediding, Suhu Dingin yang Terjadi di Sejumlah Wilayah

Rajin Pakai Pelembap

1627177468-tips-jaga-kulit---freepik.jpgSumber: Musim dan cuaca apapun, kulit harus tetap lembap (Freepik)

Gunakan pelembap wajah setiap kali sehabis mencuci muka. Di siang hari, kamu mungkin akan berkeringat lebih banyak sehingga wajah akan cenderung lebih kotor dan berminyak. Karena bersihkan wajah dengan sabun muka untuk mengangkat semua kotoran, lalu lembapkan dengan moisturizer.

Gunakan Body Butter atau Body Cream

Untuk melembapkan kulit di area tangan dan kaki, kamu akan perlu pelembap yang lebih kental daripada body lotion biasa. Kamu bisa gunakan body butter atau body cream, untuk menjaga kelembapan kulit lebih lama. Body butter dan body cream memiliki tekstur dan formula yang lebih pekat, serta dirancang untuk memberi kelembapan ekstra di kulit yang super kering.

Baca Juga : Apa Bedanya Body Lotion, Body Cream, Body Butter dan Body Milk?

Batasi Paparan AC

Saat cuaca lagi panas dan kering, memang paling nyaman kalau berada dalam ruangan ber-AC. Namun, udara AC juga dapat membuat kulitmu makin kering, guys. Karena itu, batasi waktu untuk berada di dalam ruangan ber-AC. Kalau kamu merasa gerah, cobalah untuk menikmati embusan angin di luar ruangan.

Mandi Air Dingin

Buat beberapa orang, mandi dengan air hangat akan membuat tubuh merasa lebih rileks. Apalagi, untuk mandi malam. Udara malam yang dingin seperti saat ini, bikin tubuh jadi gampang gemetaran saat mandi. Tentunya mandi air hangat bakal terasa lebih nyaman. Namun, air hangat juga memiliki efek mengeringkan kulit, guys. Karena itu, sebaiknya kamu mandi menggunakan air dingin. Gantilah waktu mandimu menjadi lebih awal, supaya tidak terlalu dingin.

Jaga Asupan Air Putih

Asupan air putih adalah salah satu cara untuk menjaga kelembapan alami kulit dari dalam. Minumlah air putih sesuai yang dianjurkan, yaitu sekitar 2 liter dalam sehari. Selain itu, tambahlah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C, asam lemak, dan magnesium, untuk menjaga daya tahan tubuh.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait