Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Tips Tetap Sehat saat Musim Hujan Selama Pandemi COVID-19

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tips Tetap Sehat saat Musim Hujan Selama Pandemi COVID-19
Image: Ilustrasi hujan. (Pixabay)

Surabaya - Dosen Epidemiologi Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Airlangga (Unair) Laura Navika Yamani mengatakan musim hujan menyebabkan daya tahan tubuh kita turun. Hal ini membuat berbagai penyakit infeksi lebih mudah menembus pertahanan tubuh, apalagi saat ini pandemi COVID-19 belum berakhir.

“Sama halnya pada negara-negara dengan empat musim, biasanya daya tahan tubuh menurun ketika musim dingin. Saat musim hujan atau musim dingin, produksi dari sel imunitas akan menurun,” kata Laura. 

Gejala COVID-19 sendiri, kata Laura, jika dikaitkan dengan penyakit-penyakit yang muncul saat musim hujan mirip dengan influenza. Nah, influenza ini adalah penyakit musiman yang sering sekali muncul ketika musim hujan seperti halnya diare.

Apalagi jika terjadi banjir dan genangan air usai hujan lebat. Laura mengatakan bahwa hal ini bisa menyebabkan sumber-sumber infeksi pada air yang terkontaminasi.

"Jadi bisa diare, influenza, ataupun COVID-19,” imbuhnya.

Untuk itu menurut Laura, penting bagi kita menjaga kesehatan di musim hujan selama pandemi. Caranya pun tak jauh berbeda saat menjaga kesehatan di musim kemarau, baik sebelum ataupun saat pandemi.

Tips pertama karena masih pandemi, Laura menyarankan agar kita tetap menerapkan 5M dan protokol kesehatan. Selain itu, jangan lupa terapkan pola hidup sehat juga penting.

1613961522-Ilustrasi-Masker.jpgSumber: Ilustrasi Pakai Masker. (Pixabay/coyot)

"Caranya dengan mengatur pola makan, istirahat cukup, serta menjaga pikiran agar tidak mudah stres. Stress itu tidak hanya memicu penyakit COVID-19, tetapi juga penyakit-penyakit apapun. Kalau kita sudah stres itu lebih rentan,” jelasnya. 

Tips selanjutnya, rutinlah melakukan olahraga dan olah gerak agar tubuh tetap bugar. Meski cuaca yang tak menentu membuat tubuh terasa malas bergerak, usahakan untuk melakukan olahraga rutin ya guys. Kamu pun bisa melakukannya di mana saja, termasuk di dalam rumah. 

Agar tubuh tetap kuat melakukan aktivitas sehari-hari, jangan lupa untuk konsumsi vitamin dan suplemen jika diperlukan. Menurut Laura, suplai vitamin dan makanan sehat dengan menerapkan pola hidup sehat mampu meningkatkan imunitas selama musim hujan. 

“Jadi kalau kita tidak mengimbangi dengan makanan yang bergizi, istirahat yang cukup, mengontrol diri agar tidak stres, pola hidup sehat, daya tahan tubuh kita bisa tambah menurun. Nah ini yang harus diwaspadai agar kita tidak rentan,” katanya.  

Tips-tips di atas juga tetap harus diterapkan meski kita sudah mendapatkan vaksin COVID-19, loh. Sebab menurut Laura untuk menjaga kesehatan tubuh, kita tak bisa mengandalkan vaksin sepenuhnya.

“Saya merasa dampak vaksin ini tidak hanya untuk menjaga kita dari COVID-19, tapi penyakit-penyakit lain yang terkait dengan saluran pernafasan itu juga lebih rendah. Namun kita tidak bisa sepenuhnya hanya mengandalkan vaksin. Tetap menerapkan pola hidup sehat dan kenali sedini mungkin kondisi-kondisi perubahan tubuh,” pungkas Laura. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait