menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Total 11 Juta Vaksin COVID-19 Tahap 4 Tiba di Indonesia Pagi Ini

Kintan Lestari,
6 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Total 11 Juta Vaksin COVID-19 Tahap 4 Tiba di Indonesia Pagi Ini
Image: Kedatangan vaksin Sinovac tahap keempat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, 2 Februari 2021. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Vaksin COVID-19 tahap keempat akhirnya tiba di Indonesia pagi ini (2/2/2021) di Bandara Soekarno Hatta. 

Kali ini vaksin produksi Sinovac yang didatangkan sebanyak 10 juta bahan baku vaksin ditambah 1 juta vaksin untuk overfill dalam bentuk setengah jadi.

"Hari ini kita berhasil mendatangkan vaksin COVID-19 tahap keempat dari Sinovac yang berjumlah 10 juta vaksin ditambah dengan 1 juta vaksin untuk overfill dalam bentuk setengah jadi," ujar Siti Nadia Tarmizi, Juru Bicara Program Vaksinasi Kementerian Kesehatan.

Untuk Urbanreaders ketahui, overfill adalah ekstra volume yang diberikan oleh Sinovac untuk mengantisipasi proses produksi di Bio Farma.

Nadia menyatakan hingga kemarin (1/2/2021) Indonesia telah sukses melakukan vaksinasi pada lebih dari 500 ribu tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia.

Laporan dari Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) juga menyatakan kalau efek vaksin masih bersifat ringan.

Berdasarkan jumlah nakes yang divaksin serta pengalaman vaksinasi bertahun-tahun, Nadia menyatakan vaksinasi pada nakes bisa selesai akhir Februari dan vaksin yang datang hari ini akan diberikan untuk petugas pelayanan publik.

"Kami optimis 1,5 juta target nakes dapat tercapai paling lambat akhir Februari. 10 juta vaksin dosis yang diterima hari ini rencananya akan digunakan untuk melakukan vaksinasi tahap kedua bagi petugas pelayanan publik. Memberikan perlindungan bagi 17,4 juta petugas pelayanan publik," lanjut Nadia lagi.

Pemberian vaksin pada nakes dan petugas pelayanan publik merupakan usaha untuk membentuk kekebalan kelompok.

"1,5 juta nakes dan 17,4 petugas pelayanan publik yang merupakan bagian dari 181,5 juta penduduk yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 dalam rangka membentuk kekebalan kelompok," tutup Nadia.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait