beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Tren Cuci Muka Selama 60 Detik, Efektif Nggak Sih untuk Kulit?

Kintan Lestari,
15 November 2022 16.20.48 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tren Cuci Muka Selama 60 Detik, Efektif Nggak Sih untuk Kulit?
Image: Ilustrasi cuci muka. (Freepik/wayhomestudio)

Jakarta - Cara untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat adalah dengan rutin cuci muka setelah beraktivitas. Itu dilakukan supaya tidak ada lagi kotoran, debu, dan sisa makeup yang menumpuk di wajah.

Dalam dunia kecantikan sendiri pasti ada tren, teknik, atau metode baru yang sempat jadi tren. Salah satunya adalah teknik 60-Second Rule, yang pernah jadi viral sekitar tiga tahun lalu. Teknik ini menyarankan kamu untuk mencuci muka dengan gerakan memijat selama 60 detik. Teknik ini sendiri dipopularkan oleh ahli kecantikan Nayamka Roberts-Smith di Twitter.

Menurutnya dengan mencuci muka selama 60 detik maka bahan aktif di facial wash akan bekerja dengan baik. Hasilnya, kulit jadi bersih dan lebih cerah. Tapi dengan segudang aktivitas yang bikin kita semakin sibuk, perlu nggak sih kita cuci muka selama satu menit?

dr Sari Chairunnisa selaku VP of RnD PT Paragon Technology and Innovation mengungkap bahwa kita tidak perlu waktu selama itu untuk cuci muka, kecuali kalau orang tersebut sebelumnya memakai makeup.

"Cuci muka intinya semua area terkena sabun. Terus kita cuci muka sampai air yang turun dari muka kita udah jernih lagi kalau habis makeup-an. Kalau kita di rumah aja sebenarnya cuci muka semenit nggak terlalu relevan juga. Kalau habis makeup-an mungkin cuci muka yang biasa akan kurang bersih, dan mungkin kalau ditotal jadi ada deh semenit," kata Sari dalam sebuah acara yang berlangsung di Sarinah, Kamis (10/11/2022).

Mengenai bahan aktif di produk facial wash, Sari mengatakan kandungan tersebut sebenarnya hanya bekerja untuk mengangkat sel kulit mati. Menurutnya, bahan aktif dalam sebuah produk akan jauh lebih bekerja dalam produk yang tidak dibilas.

"Active ingredient itu akan paling optimal di produk leave on. Kalau di produk facial wash biasanya buat ngangkat sel kulit mati. Kalau active ingredientnya tinggi di facial wash ya nggak terlalu optimal karena waktu kontaknya kan per detik," kata Sari.

Adapun cara mencuci muka yang benar supaya wajah bersih, dikatakan Sari yaitu dengan memakai air suam-suam kuku dan hindari menggosok wajah untuk mengeringkan.

"Cuci muka intinya semua area terkena sabun. Pakai air suam-suam kuku. Hapusnya pakai tisu atau handuk nggak masalah. Intinya yang lembut, jadi nggak boleh digosok-gosok tapi tepuk-tepuk aja," tutup Sari.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait