beautydoozy skinner
urbanasia skinner
Beautydoozy

Tren Kecantikan Setahun Belakangan Ini Apa Saja Ya?

Kintan Lestari,
sekitar 1 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tren Kecantikan Setahun Belakangan Ini Apa Saja Ya?
Image: ilustrasi produk skincare (Foto: Freepik)

Jakarta - Setahun belakangan banyak hal jadi tren, termasuk dalam kategori kecantikan dan fesyen. Kira-kira apa saja tren kecantikan dan fesyen setahun ke belakang?

Tokopedia dalam rangka ulang tahun ke-13 mengungkap tren kecantikan serta fesyen yang popular setahun belakangan ini. Category Development (Beauty and Personal Care) Senior Lead Tokopedia, Sherine Pranata, mengungkap apa saja yang jadi tren di kategori kecantikan dan fesyen.

Berdasarkan data periode Agustus 2021-Agustus 2022, untuk skincare yang meningkat adalah produk-produk perawatan wajah.

"Di tren belanja kecantikan kita ada lebih ke perawatan wajah. Penjualannya naik banget nih. Pertama pembersih wajah itu naik sekali trennya. Lalu ada serum, yang sekarang makin banyak variasinya dari brand lokal. Lalu ada krim wajah," kata Sherine dalam konferensi pers yang berlangsung di kawasan Menteng, Kamis, (18/8/2022).

"Yang menarik juga kita lihat setahun belakangan ini banyak yang sudah back to office, kita ngeliat kenaikan dari tabir surya. Lalu ada paket perawatan wajah juga. Ini buat yang nggak mau pusing, tinggal beli paketnya dari A-Z ada," sambungnya lagi. 

Sementara untuk kategori fesyen, menurut Sherine yang trennya meningkat adalah alas kaki juga pakaian.

"Kalau fesyen kita lihat beberapa yang naik itu ada sandal wanita. Terus pakaian dalam dan tas selempang. Ada juga kaos, blouse, daster. Lalu sneakers wanita juga," ungkap Sherine.

1660887127-preskon-tokopedia.jpgSumber: Ekhel Chandra Wijaya dan Sherine Pranata di Media Gathering ‘13ersama Tokopedia': yang berlangsung di kawasan Menteng, Kamis (19/8/2022). (Kintan/Urbanasia)

Kenaikan di dua kategori itu berkat berbagai kampanye yang dihadirkan untuk pembeli dan penjual sekaligus, seperti KTP (kumpulan Toko Pilihan), Cantik Fest, Women In Style, Tokopedia Beauty Awards, dan masih banyak lagi. Kampanye-kampanye tersebut terbukti membuat penjualan di provinsi lain Indonesia meningkat.

Berdasarkan data internal Tokopedia sepanjang Agustus 2021-Agustus 2022, ditemukan fakta menarik sebagai berikut:
● Wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Fesyen ada di Kab. Biak Numfor, Humbang Hasundutan, Muaro Jambi, Waropen dan Sabu Raijua dengan rata-rata peningkatan lebih dari 3 kali lipat.

● Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Fesyen ada di Kab. Muaro Jambi, Halmahera Tengah, Tebo, Waropen dan Sabu Raijua.

● Wilayah dengan peningkatan transaksi tertinggi pada kategori Kecantikan ada di Kab. Muaro Jambi, Tanah Datar, Solok, Agam dan Biak Numfor dengan rata-rata peningkatan 4 kali lipat.

● Wilayah dengan peningkatan jumlah penjual paling tinggi pada kategori Kecantikan ada di Kab. Halmahera Tengah, Muaro Jambi, Solok, Tebo dan Tanah Datar.

Tokopedia juga mencatat Kab. Semarang dan Lampung Barat menjadi beberapa daerah dengan peningkatan jumlah perempuan pelaku UMKM paling tinggi.

"Kita bisa memberikan kesempatan yang sama pada UMKM dimana pun mereka berada. Mereka mempunya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan sukses. Harapannya di satu sisi kami bisa memberikan akses pasar yang lebih dekat untuk para pelaku UMKM. Di sisi lain, para pembeli pasti senang karena lokasinya makin dekat dan pengirimannya cepat juga," tutup Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya. 

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait