menu
user
URtech

Trending Twitter, Ramai Netizen Ajak #PindahkeTelegram

Afid Ahman,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Trending Twitter, Ramai Netizen Ajak #PindahkeTelegram
Image: Ilustrasi Telegram. (Dev Tutorial)

Jakarta - Netizen tengah ramai mengajak #PindahkeTelegram. Sampai-sampai tagar tersebut menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

Sejak WhatsApp mengeluarkan kebijakan privasi baru yang kemudian ditunda pemberlakuannya, ramai ajakan untuk berpindah ke platform lain, salah satunya Telegram. Ajakan tersebut terus bergaung sampai sekarang.

"#PindahkeTelegram aku tuh lebih senang pakai aplikasi ini sumpah beneran deh mau buka apa aja bisa eits tapi yang namanya buka pikiran kotor ya ga ada 
bisa play music tanpa iklan seneng banget deh pokok nya," ujar salah seorang netizen.

"Kalo gak ada telegram gak kebayang boringnya hidup krn drakor pd di sana semua  #PindahkeTelegram," kata akun lainnya.

"Aktif pake telegram karena kerjaan awalnya di tahun 2015, skrg grup ghibah pun di tele Smiling face with open mouth and cold sweat #PindahkeTelegram," tutur pemilik akun Twitter lain.

"Aku akan Hijrah ke  Tele. Soalnya Tele Lebih menjaga privasi orang
 #PindahkeTelegram," tulis seorang netizen.

Dibanding WhatsApp, Telegram memang dinilai banyak kelebihan. Diberitakan Urbanasia sebelumnya, ada tujuh keunggulan dari layanan pesan instan yang dibuat oleh Pavel Durov ini.

1. Keamanan lebih baik

Banyak ahli keamanan yang menilai Telegram lebih baik ketimbang WhatsApp. Keduanya memang punya kemampuan enkripsi end—to-end, tapi Telegram punya Secret Chat.

Memungkinkan pengguna dapat mengirimkan pesan dalam jangka waktu yang sudah ditentukan. Saat sudah mencapai waktu tersebut, nantinya pesan akan terhapus secara otomatis.

2. Penyimpanan Cloud

Telegram punya layanan penyimpanan Cloud untuk menyimpan pesan teks, gambar, video, dokumen dan file lainnya. Keuntungannya kita dapat bebas login ke sejumlah perangkat secara bersamaan tanpa perlu kehilangan data.

Hanya saja layanan cloud tidak unlimited alias ada batasannya. Telegram memberikan ruang 1,5 GB untuk tiap file. 

1610627687-telegram-5336273-1280.pngSumber: Ilustrasi aplikasi Telegram. (Ümit Solmaz/Pixabay)

3. Kirim File Besar

Pengguna bisa memilih sendiri file dengan ukuran asli atau memilih untuk mengkompres ukuran file yang akan dikirim.

Kemampuan ini tidak dipunyai WhatsApp. Sebab mereka mengkompres file foto dan video secara otomatis ketika hendak dikirim.

4. Grup Besar

WhatsApp hanya menampung 256 anggota. Lantas berapa Telegram? Jangan kaget, Telegram memungkinkan pengguna bikin grup dengan anggota mencapai 200.000 orang. Sejauh ini mereka yang terbanyak.

1597562006-Telegram.jpgSumber: Telegram di iOS dan Android kini menyediakan fitur panggilan video terenkripsi. Sumber: Telegram

5. Edit Pesan

Telegram memungkinkan kita mengedit pesan yang sudah terkirim. Sementar di WhatsApp, kita tidak dapat membenarkan typo yang terlanjur terkirim.

6. Menyediakan Channel

Telegram punya fitur channel. Fungsinya memungkinkan sang pemilik channel mengirimkan update berita, foto maupun video ke para pengikutnya di channel tersebut.

7. Bikin Stiker

Pengguna Telegram bebas membuat stiker sendiri tanpa harus ada aplikasi pihak ketiga. Sehingga kita lebih banyak mengirimkan stiker saat digunakan.

Nah kamu mau ikutan #PindahkeTelegram Urbanreaders?

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait