Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URsport

Tuai Kontroversi, Media Asing Soroti Gol Timnas Indonesia di Gawang Singapura

Itha Prabandhani,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Tuai Kontroversi, Media Asing Soroti Gol Timnas Indonesia di Gawang Singapura
Image: Timnas Indonesia Lolos ke Babak Final Piala AFF 2020 (@PSSI/Instagram)

Jakarta - Kemenangan Timnas Garuda atas Singapura yang membuat Indonesia berhasil melaju ke final Piala AFF 2020, ternyata tak disambut baik oleh semua pihak.

Pasalnya, sejumlah media asing justru meragukan skor 4-2 (agregat 5-3) yang dicetak pemain andalan Tanah Air. Ada yang menyebut 2 gol Indonesia offside, hingga menganggap Timnas ‘Garuda’ tak layak lolos ke babak final piala AFF.

Gol-gol Indonesia pada laga yang digelar Sabtu (25/12/2021) malam WIB itu dicetak oleh Ezra Walian (11'), Pratama Arhan (87'), bunuh diri Shawal Anuar (92'), dan Egy Maulana Vikri (107'). Sedangkan Singapura sempat membalas dua gol via Song-Ui-Young (45+4') dan Shahdan Sulaiman (74').

Namun, dua gol Indonesia pada laga tadi malam disebut kontroversial oleh media Vietnam, Soha. Menurut mereka, pemain Indonesia berada dalam posisi offside ketika mencetak gol.

Adalah gol Pratama Arhan di menit 87 dan aksi bunuh diri Shawal Anuar (92'). Untuk gol Arhan yang sekaligus penyama kedudukan menjadi 2-2, Soha dengan tegas menyebut hakim garis tak mengetahui bahwa itu adalah offside.

“Pratama Arhan berada dalam posisi offside ketika rekan setimnya melepaskan tembakan. Namun, hakim garis tidak mengetahuinya," kata mereka.

Lalu, dalam gol bunuh diri Shawal Anuar di menit 92, mereka menyoroti posisi Irfan Jaya yang dianggap offside.

"Dalam situasi ini, Irfan Jaya sepertinya sudah berada dalam posisi offside. Ketika bek Singapura gagal melakukan clearance, Irfan juga tampaknya telah menghalangi upaya tersebut. Ini juga merupakan fase di mana hakim garis tidak memiliki sudut pandang yang baik," lanjut mereka.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait