beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Twitter Berikan Label 'Official' untuk Akun Terverifikasi

Shinta Galih,
10 November 2022 17.45.26 | Waktu baca 2 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Twitter Berikan Label 'Official' untuk Akun Terverifikasi
Image: Twitter verified (Foto: Twitter)

Jakarta - Twitter tengah menyiapkan label baru 'official' untuk sejumlah akun terverifikasi. Namun label ini diberikan terbatas.

Eksekutif pengembangan produk di Twitter Esther Crawford mengatakan label resmi itu akan diluncurkan bersamaan dengan layanan berbayar premium senilai US$ 8.

Dia mengungkap tidak semua akun yang terverifikasi akan mendapat label resmi. Label itu juga tidak dijual.

Akun yang bisa mendapatkan label resmi adalah pemerintah, perusahaan komersial, mitra bisnis, media, penerbit dan sejumlah tokoh publik.

Menurut sumber Reuters,  eksekutif pada bagian kebijakan di Twitter khawatir pemerintah di berbagai negara tidak mau membayar untuk tanda centang biru. Terkait hal ini pihak Twitter tidak memberikan tanggapan lanjutan.

Namun Crawford mengatakan layanan berbayar Twitter Blue tidak berarti identitas pengguna sudah terverifikasi. Twitter Blue memberikan tanda centang biru pada akun yang membayar langganan. Pihaknya juga akan mencari cara untuk membuat kategori akun.

Sebelumnya, Twitter benar-benar menerapkan rencana untuk mengenakan biaya berlangganan untuk akun terverifikasi. Dan dimulai dari aplikasi versi iOS.

Sebelumnya diberitakan Twitter menunda peluncuran layanan akun centang biru bertarif US$ 8 atau sekitar Rp 125 ribu. 

Perusahaan beralasan ini guna menghindari kemungkinan dampak pada pemilihan paruh waktu di Amerika Serikat pada Selasa (8/11/2022). Twitter akhirnya menunda verifikasi berbayar menjadi 9 November 2022.

Penundaan peluncuran verifikasi berbayar terjadi setelah karyawan dan pengguna Twitter sama-sama menyatakan keprihatinannya atas dampak yang berpotensi menghancurkan skema pada integritas pemilu.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait