Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Twitter Mendadak Ganti Tampilan Font, Kenapa?

Dyta Nabilah,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Twitter Mendadak Ganti Tampilan Font, Kenapa?
Image: Twitter Mendadak Ganti Tampilan Font (Unsplash/BrettJordan)

Jakarta - Pengguna Twitter dikejutkan dengan perubahan jenis huruf (font) yang dipakai pada jejaring sosial tersebut. Usai hilangkan Fleets dalam fiturnya, nampaknya Twitter ingin terus membuat pembaruan.

Twitter resmi merilis font baru yang disebut Chirp. Dikutip dari The Verge, Twitter mengatakan font tersebut merupakan penyegaran merek. 

Akun resmi mereka juga membuat cuitan tentang perubahan font. Membuat gimmick bahwa admin tidak sadar bahwa ada tampilan font sudah berubah.

"Sebentar, apakah kita mengganti font?" cuit akun resmi Twitter.

"Baiklah, dikonfirmasi ternyata benar," lanjutnya.

Sebenarnya, Chirp bukanlah font pendatang baru di dunia Twitter. Mereka sudah menggunakannya untuk materi promosi dan grafik. Namun, baru kali ini resmi tampil pada laman pengguna.

Januari 2021 lalu, Direktur Kreatif Twitter Derrit DeRouen mengatakan bahwa penggantian Chirp memang keinginan pribadinya. Saat itu, dia masih belum mengetahui kapan hal itu terjadi. 

"Apakah kita akan melihat Chirp sebagai font untuk Twitter? Ini keinginan pribadi saya," katanya. 

Ia memang ingin memberi kesempatan tampil untuk Chirp yang mana merupakan font orisinal dari Twitter. Menurutnya, selama ini produk mereka telah mengandalkan font milik orang lain, seperti Roboto dan Helvetica.

"Dalam sejarah perusahaan, kami mengandalkan jenis huruf orang lain, dari SF Pro dan Roboto, hingga Helvetica Neue dalam merek kami," ujar Derrit pada Kamis (28/1/2021).

Tujuan pembaruan ini untuk meningkatkan cara Twitter menyampaikan emosi dan ketidaksempurnaan. Menurutnya, memang tak mudah dalam pengembangan font utama, apalagi pada jejaring sosial yang dipakai sehari-hari.

"Pengembangan bukanlah tugas yang mudah karena harus mencakup banyak hal bagi kami. Untuk penggunaan sehari-hari, font harus tajam dan terbaca dengan kepribadian dan kekhasan," lanjut Derrit.

Sudah sekitar enam bulan sejak Derrit membuat wacana hadirkan si pendatang baru Chirp. Hingga akhirnya, pengguna Twitter bisa beradaptasi dengan font tersebut mulai hari ini, Kamis (12/8/2021).

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait