Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

Uji Adrenalin dengan Mengunjungi Wisata Alam Batu Canggah Madura

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Uji Adrenalin dengan Mengunjungi Wisata Alam Batu Canggah Madura
Image: Objek wisata alam Batu Canggah. Sumber: Instagram Visit East Java

Jakarta - Urbanreaders, buat kamu pecinta adrenalin sangat cocok mengunjungi objek wisata alam Batu Canggah loh.

Objek wisata ini terletak di Gili Iyang yang merupakan pulau kecil dalam wilayah teritorial Kabupaten Sumenep Madura, Jawa Timur.

Pulau ini memiliki kandungan oksigen tertinggi kedua se dunia setelah Jordania. Sehingga sangat cocok sebagai tujuan wisata kesehatan loh guys. 

Uji adrenalin bisa dimulai ketika memasuki area kawasan yang terjal dan bertangga bambu curam, hingga suara derit ketika dilewati.

Mengutip dari laman Indonesia.go, ketika kamu berdiri di Batu Canggah, kamu akan merasakan sensasi tersendiri. Telinga akan mendengar dengan jelas deburan ombak sekitar 100 meter di bawah tebing. Deburannya begitu keras menghantam tepian bawah tebing, diiringi terpaan angin kencang.

Objek wisata ini berbentuk rongga menyerupai lorong sepanjang sekitar 200 meter dengan tinggi langit-langit sekitar lima meter. Dinding lorong bentuknya melengkung mirip gulungan ombak.

Pada salah satu sisi lorong langsung menghadap ke laut lepas yang diberi pembatas berupa pagar bambu. Lorong ini seperti disangga oleh sebuah batu setinggi sekitar lima meter berdiameter sekitar dua meter mirip seperti pilar besar pada bangunan gedung.

Batu Canggah diduga bagian dari proses peristiwa letusan gunung purba bawah laut pada masa Tersier atau sekitar 50 juta tahun lampau. Batuan pada lorong dan kontur tebing menyiratkan aliran lava gunung api purba yang bersusun dan membentuk batuan andesit, tuffa, dan breksi.

Diduga lorong tersebut terbentuk akibat adanya abrasi air laut sejak ribuan tahun lampau sehingga menyebabkan munculnya runtuhan tebing (rock fall). 

Sebelum menjelajahi wisata alam ini, ada baiknya kamu memakai alas kaki atau sepatu bersol karet. Tujuannya, agar selain nyaman saat melangkah, juga lebih mudah untuk menaklukkan medan terjal ini ya guys.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait