menu
user
URedu

Unair Buka Jalur 'Golden Ticket' untuk SNMPTN, Cek Syarat dan Ketentuannya!

Nivita Saldyni,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Unair Buka Jalur 'Golden Ticket' untuk SNMPTN, Cek Syarat dan Ketentuannya!
Image: Rektor UNAIR, Moh Nasih (kiri) dalam Airlangga Education Expo (AEE), Sabtu (13/2/2021). (Humas Unair)

Surabaya - Kabar bahagia untuk Urbanreaders yang sedang berburu masuk perguruan tinggi negeri impian, khususnya Universitas Airlangga (Unair) Surabaya. Sebab tahun ini, Unair kembali membuka jalur 'Golden Ticket' untuk pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) guys.

Kesempatan masuk Unair lewat jalur 'Golden Ticket' SNMPTN ini diumumkan Rektor UNAIR, Moh Nasih, dalam pameran pendidikan bertajuk Airlangga Education Expo (AEE) yang dibuka pada Sabtu (13/2/2021) lalu guys. Ia mengatakan, kesempatan ini terbuka bagi seluruh putra putri terbaik Indonesia yang punya sejumlah prestasi.

"Jalur ini (Goden Ticket) dibuka saat pelaksanaan SNMPTN, Selasa (16/2/2021) hingga Sabtu (20/2/2021) dan merupakan jalur percepatan yang bisa diraih oleh pendaftar SNMPTN dengan prestasi luar biasa," kata Nasih, Sabtu lalu.

Tentu untuk mendapatkannya tak bisa sembarangan, kamu harus memenuhi salah satu dari beberapa kriteria yang telah ditentukan oleh Unair. Nah, siapa saja sih yang bisa mendaftarkan diri di jalur ini?

Nasih mengatakan, jalur ini terbuka bagi para pendaftar SNMPTN 2021 yang pernah meraih juara lomba atau olimpiade internasional yang diselenggarakan oleh institusi terkemuka. Selain itu, para ketua OSIS di sekolah terkemuka, hafidh/hafidhah 30 juz atau kitab suci agama dari sekolah umum dengan akreditasi A juga boleh mendaftarkan diri ke jalur ini.

“Kawan-kawan para pemimpin siswa atau ketua umum OSIS pada sekolah terkemuka, kami yakin mereka punya kapasitas kepemimpinan yang mumpuni, kami berikan kesempatan untuk mendapatkan ‘golden ticket’ dari jalur SNMPTN,” jelasnya.

Nah, pasti Urbanreaders juga bertanya-tanya tentang jumlah siswa yang diterima atau kuota jalur Golden Ticket ini. Sayangnya Nasih mengatakan kuota jalur ini masih belum pasti karena tergantung pada komposisi pendaftar itu sendiri. 

Tapi sebelum mendaftarkan diri, pastikan kamu mengikuti rangkaian acara AEE yang tahun ini diselenggarakan secara online ya guys. Kemudian jangan lupa isi absensi untuk mendapatkan bukti kehadiran. Bukti tersebut nantinya harus kamu lampirkan pada proses pendaftaran Golden Ticket. Lalu kamu bisa isi link pendaftaran untuk jalur Golden Ticket di website ppmb.unair.ac.id guys.

“Dokumen para pendaftar akan kami pelajari dulu. Nanti juga akan kami umumkan secara terbuka nama-nama yang terpilih untuk dapat ‘golden ticket’ saat penutupan AEE (24/2/2021),” jelas Nasih.

“Golden tiket bukan berarti semua pendaftar akan diterima. Tahun lalu ada 14 orang. Tahun ini bisa nambah bisa kurang,” imbuhnya.

Nah pendaftar jalur ini bisa memilih jurusan apa saja loh. Asal, memilih Unair sebagai pilihan utama pada SNMPTN. Jadi manfaatkan kesempatan kamu sebaik-baiknya!

Tahun ini Unair memiliki daya tampung sebesar 6.300 mahasiswa baru. Jumlah ini sedikit lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya. 

Namun untuk jalur masuk sendiri, Unair masih membuka tiga jalur untuk penerimaan mahasiswa baru. Ketiganya adalah SNMPTN, Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan jalur Mandiri. Tiga jalur ini dibuka dengan kuota 30 persen untuk SNMPTN, 40 persen dari SBMPTN, dan Mandiri 30 persen dari total daya tampung.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait