Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URedu

Universiti Muhammadiyah Malaysia Diresmikan, Ini Prodi dan Beasiswanya!

Shelly Lisdya,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Universiti Muhammadiyah Malaysia Diresmikan, Ini Prodi dan Beasiswanya!
Image: Universiti Muhammadiyah Malaysia. (PP Muhammadiyah)

Jakarta - Pemerintah Malaysia melalui Jabatan Pendidikan Tinggi pada Kementerian Pengajian Tinggi Malaysia menyetujui pendirian Universiti Muhammadiyah Malaysia (UMAM) pada 5 Agustus 2021.

Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah nantinya bakal bergerak cepat untuk menyiapkan beasiswa terbuka bagi siapa pun belajar di UMAM.

Sementara untuk saat ini program beasiswa di UMAM hanya diprioritaskan bagi dosen-dosen di Perguruan Tinggi Muhammadiyah-‘Aisyiyah (PTMA) yang kecil, dan aktivis Muhammadiyah. Kedepan diharapkan bisa membuka peluang beasiswa bagi masyarakat umum dan lebih luas.

Namun kedepan sebagaimana tradisi yang ada di Muhammadiyah, program beasiswa akan digulirkan dan bisa diikuti oleh umum. Beasiswa umum tersebut sebagai ikhtiar Muhammadiyah untuk membantu anak-anak muda bangsa yang mengalami kesulitan, tapi memiliki tekad kuat dalam belajar.

"Nantinya akan kami buka (beasiswa). Sesuai tradisi Muhammadiyah, membantu pendidikan seluruh warga bangsa," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir dalam pers virtual, Kamis (12/8/2021).

Sementara untuk program studi (prodi), UMAM berbeda dengan perguruan tinggi lain, sebab di tiga tahun pertama, program yang ditawarkan adalah jenjang magister dan Philosophy of Doctor (Ph.D).

Koordinator Tim Pembentukan UMAM, Bambang Setiaji mengatakan, untuk program jenjang strata 1 nya akan dimulai setelah tahun ketiga.

“Mengapa dipilih program itu, karena mengenai sumber daya yang tersedia. Jadi program ini didukung oleh sekitar 16 atau 17 guru besar yang sudah purna dari Malaysia yang dipimpin oleh Prof. Datuk Mohd Noh Dalimin,” katanya.

Sementara itu, Rektor/Chief of Executive UMAM, Waluyo Adi Siswanto menjelaskan, bahwa UMAM memiliki 15 prodi yang terbagi di lima prodi S3 atau Ph.D, yakni prodi pendidikan, bisnis dan manajemen, ilmu sosial, studi islam, dan teknologi-informasi.

“Untuk yang master prodinya sama dengan yang disebutkan di atas, hanya jenjangnya saja untuk jenjang master,” jelas Waluyo Adi.

Pemilihan jenjang magister dan doktor, menurut Waluyo Adi dipilih berdasarkan mode by research. Sehingga mahasiswa yang menempuh pendidikan di UMAM di jenjang ini sejak awal sudah langsung fokus pada penelitian.

Diharapkan penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa S2 dan S3 di UMAM adalah kolaborasi penelitian internasional, baik antar Indonesia dan Malaysia, maupun di luar dua negara tersebut. Sementara untuk jenjang undergraduate akan ada sarjana pendidikan bahasa Inggris, manajemen dan bisnis, E-bisnis, teknologi informasi, dan psikologi. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait