menu
user
URedu

Universitas Airlangga Tawarkan Golden Ticket Lewat Jalur SNMPTN

Shelly Lisdya,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Universitas Airlangga Tawarkan Golden Ticket Lewat Jalur SNMPTN
Image: Gedung Rektorat Unair (Humas Unair)

Surabaya - Universitas Airlangga (Unair) memberikan kesempatan kepada siswa berprestasi untuk mendapatkan 'golden ticket' melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). 

Rektor Unair, Moh Nasih menjelaskan, jalur 'golden ticket', diperuntukkan bagi calon mahasiswa berprestasi, antara lain mahasiswa yang pernah menjuarai kompetisi internasional atau olimpiade yang diadakan oleh institusi terkemuka, ketua OSIS sekolah terkemuka dan hafiz (penghafal) al Quran 30 juz atau kitab suci agama dari sekolah negeri yang terakreditasi A. 

“Kepada pimpinan siswa atau ketua OSIS di sekolah unggulan, kami yakin mereka memiliki kapasitas kepemimpinan yang mumpuni, kami berikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan 'golden ticket' dari jalur SNMPTN,” terangnya. 

Pria yang juga menjabat sebagai ketua LTMPT ini menambahkan, kapasitas perolehan 'golden ticket' pada tahun 2021 tergantung komposisi pendaftar. Pendaftaran dimulai pada 16-25 Februari 2021 melalui situs Universitas Airlangga.

“Kami akan mempelajari dokumen pelamar terlebih dahulu. Nanti kami juga akan mengumumkan secara terbuka nama-nama yang terpilih untuk mendapatkan 'golden ticket' pada penutupan AEE,” jelasnya. 
 
“Dengan golden ticket, bukan berarti semua pendaftar akan diterima. Tahun lalu ada 14 orang. Tahun ini bisa kurang lebih,” imbuhnya. 

Untuk tahun ajaran 2021/2022, kapasitas Unair sedikit meningkat dari tahun sebelumnya yang sebanyak 6.300 mahasiswa baru. 

Ia mendorong mahasiswa yang akan mendaftar melalui jalur 'golden ticket' SNMPTN untuk memilih jurusan di Unair dengan beragam, tidak terbatas pada jurusan favorit seperti Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi yang kapasitasnya terbatas. 

Sedangkan bagi siswa yang mendaftar menggunakan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K), siswa yang telah mendaftar KIP-K dan mendapat nomor pendaftaran, dapat digunakan untuk mendaftar SNMPTN, SBMPTN, atau jalur Mandiri. Pada tahun 2021, kapasitas KIP-K UNAIR mencapai lebih dari seribu. 

Sementara itu, terkait penerimaan mahasiswa baru Unair tahun 2021. Terdapat 837 ribu mahasiswa yang berhak mendaftar SNMPTN.

“Kapasitas nasional hanya sekitar 100 ribu. Artinya, ada 700 ribu mahasiswa yang tidak bisa mengikuti proses seleksi SNMPTN," tandasnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Unair memiliki tiga jalur jalur masuk yaitu jalur jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait