beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Video Lofi Girl Dihapus YouTube, Kenapa?

Shinta Galih,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Video Lofi Girl Dihapus YouTube, Kenapa?
Image: YouTube Lofi Hip Hop Radio

Jakarta - Ada kabar buruk bagi kamu pengemar lagu-lagu santai yang dimainkan kanal YouTube Lofi Hip Hop Radio. Video tersebut telah di-takedown oleh YouTube, duh kenapa?

Setelah video tersebut diputar selama 20.800 jam atau sekitar dua tahun empat bulan lamanya, sang gadis yang sedang belajar dalam video akhirnya harus berhenti lantaran teguran hak cipta yang dikeluarkan oleh "FMC Music Sdn Bhd Malaysia," sebuah label rekaman Malaysia.

“Radio lofi telah dihapus karena teguran hak cipta yang salah," tulis Lofi Girl di akun Twitternya. “Semoga (YouTube) akan menyelesaikan ini dengan cepat." 

Kabar tersebut mengundang kesedihan bagi mereka yang sudah lama jadi pendengar setia Lofi Girl. Sampai-sampai muncul tanda pagar (tagar) #BringBackLofiGirl sebagai wujud kepedulian mereka dan berharap pihak YouTube segera memperbaiki masalah ini.

Pihak YouTube sudah angkat bicara mengenai persoalan ini. Kabar baiknya, platform milik Google ini memastikan akan mengembalikan video Lofi Girl sesegera mungkin.

“Dapat dikonfirmasi bawah permintaan takedown itu kejam dan menghentikan akun penggugat," tulis YouTube di akun Twitter. 

"Kami telah menyelesaikan teguran dan memulihkan video, terkadang dibutuhkan waktu 24 hingga 48 jam agar semuanya kembali normal!"

Terlepas dari akhir yang mengembirakan, kasus ini menambah contoh profil tinggi lainnya dari algoritme ID konten YouTube yang menuduh pembuat konten melanggar hak cipta. Filter hak cipta otomatis yang disediakan platform kerap menyebabkan kekeliruan melabeli konten asli sebagai pelanggaran.

“Bagi siapa pun yang berpikir situasi ini tidak masuk akal, atau salah, atau benar-benar ilegal, ingatlah artis kecil telah disalahgunakan oleh sistem ini selama bertahun-tahun sekarang dan YouTube telah menolak untuk mencoba memperbaiki apa yang jelas-jelas rusak," ujar Nathen Paige, pencipta YouTube saluran musik SageNine Music, dalam video tanggapan soal kasus ini.

“Dan untuk lebih jelasnya, saya menyadari pentingnya undang-undang hak cipta," tambahnya, "Tetapi sistem Content ID YouTube tidak menegakkan hukum pada saat ini, itu hanya menciptakan jalan untuk menipu kanal dari pendapatan yang diperoleh dengan susah payah."

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait