Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Viral 'Ikoy-Ikoyan' Ala Arief Muhammad, Sederet Seleb Ini Ogah Ikutan

Dyta Nabilah,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral 'Ikoy-Ikoyan' Ala Arief Muhammad, Sederet Seleb Ini Ogah Ikutan
Image: YouTuber Arief Muhammad. (Instagram @ariefmuh)

Jakarta - Akhir-akhir ini tren ikoy-ikoyan sedang menjadi viral di media sosial. Penggagas tren tersebut ialah Arief Muhammad, yang bertujuan untuk membagikan hadiah kepada pengikutnya.

Terinspirasi dari Arief, banyak juga artis atau influencer lain yang mengikuti ikoy-ikoyan. Namun, ada juga yang merasa terganggu karena merasa dipaksa oleh pengikutnya.

Contohnya ialah Nana Mirdad, Karin Novilda (Awkarin), dan Chelsea Olivia mereka angkat bicara mengenai isi pesan yang penuh dengan ikoy-ikoyan. Menurut mereka, banyak netizen yang meminta agar mereka ikut bagikan hadiah gratis seperti tren.

"Teman-temanku semua, DM yang masuk setiap hari ratusan minta ini itu dan jujur aja ini bikin aku khawatir. Maaf kalau aku mengecewakan ngga ikut main ikoy-ikoyan. Tapi, setiap orang punya cara berbeda-beda untuk memberi," ungkap Nana.

Ia lebih memilih untuk mendorong pengikutnya agar berusaha tanpa mengharapkan bantuan gratis dari orang asing. Tren seperti ini bisa memperburuk mental bangsa ke depannya. 

"Ayo masyarakat Indonesia jangan punya mental minta ini minta itu ke orang, dilatih untuk kerja keras dan punya semangat yang gigih untuk bisa dapetin yang kita mau," lanjut Nana.

1627985509-E7ylkJ8UcAM2OA8.jpgSumber: Nana Mirdad Tolak Ikoy-Ikoyan (Instagram @nanamirdad_)

Sependapat dengan Nana, Awkarin juga merasa bahwa masih banyak orang-orang yang membutuhkan di luar sana. Apabila punya internet dan ponsel untuk minta-minta, itu artinya masih mampu.

"Kalau kalian masih punya internet & hape untuk minta-minta online kayaknya berarti kalian belum sebutuh itu deh hehe. Masih banyak yang lebih butuh di luar sana," kata Awkarin.

Menurutnya, tidak adil jika kondisi seperti itu masih mengaku tidak mampu. Tren atau permainan seperti ini bisa membuat budaya minta-minta menjadi sebuah budaya.

"Agak ngeri permainan berbagi ini malah jadi pelestarian budaya minta-minta ya, hihihi. Semoga nggak disalahartikan begitu ya teman-teman. Bahaya loh soalnya," ujarnya.

1627985564-karin-soal-ikoyan.pngSumber: Opini Awkarin Tentang Ikoy-Ikoyan (Twitter @awkarin)

Sejalan dengan Awkarin dan Nana, Chelsea juga menegaskan bahwa dirinya tidak akan mengikuti tren ikoy-ikoyan. Menurut ibu dua anak ini, ia tidak ingin mengajarkan pengikutnya menjadi pengemis. 

"Saya tidak mau mengajarkan untuk followers saya menjadi orang minta-minta yahh (pengemis). Yuklah Indonesia bikin trend yang baik, jangan malah hal memalukan dibikin viral," kata Chelsea. 

1627986002-chelsea-olivia.pngSumber: Opini Chelsea Olivia Tentang Ikoy-Ikoyan. (Instagram @chelseaoliviaa)

Rachel Vennya juga turut menyinggung tentang ramainya pesan masuk mengenai ikoy-ikoyan. Ia juga secara terang-terangan mention Arief.

"Ini yang namanya ikoy kupingnya panas ga si seharian isinya IKOYYYYY SEMUA. Bener bener ya kerjaannya profesional influencer ini @ariefmuhammad" tulisnya di Instagram Story.

Karena hal tersebut, Arief pun meminta maaf kepada orang-orang yang ditagih ikoy-ikoyan oleh pengikutnya. Ia tidak pernah menyuruh netizen untuk menagih tren tersebut ke artis atau influencer favorit.

"Rachel..dan mungkin sekalian mau ngomong ke temen-temen lain yang ditagihin followersnya untuk ikoy-ikoyan. Gue minta maaf ya. Di sini nggak pernah nyuruh orang untuk nagih ke artis/influencer favoritnya. Jadi kalau kalian keganggu, maafin ya. Jangan dijadiin beban," pinta Arief.

1627985613-Arief-Ikoy.pngSumber: Arief Muhammad Minta Maaf Tentang Ikoy-Ikoyan (Instagram @ariefmuhammad)

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait