menu
user

Jakarta - Baru-baru ini viral dunia maya dihebohkan dengan sebuah video yang merekam seekor kuda penarik delman terkapar  di jalan raya. Peristiwa itu terjadi di ruas jalan Mangunsarkoro, Cianjur pada Rabu (13/1/2021).

Diduga, kuda tersebut terjatuh di jalan karena kelelahan. Video kuda yang tiba-tiba jatuh  itu direkam dan diunggah hingga viral di media sosial. Salah satunya diunggah oleh akun @jakartaanimalaidnetwork.

Nahasnya, melihat hal tersebut, sang kusir justru memaksa kuda tersebut bangkit kembali dengan mencambuki tubuh kuda agar segera bangun. Akibatnya, kuda tersebut mengalami luka di kaki.

Peristiwa tersebut pun sempat membuat arus lalu lintas menjadi macet. Pasalnya, proses evakuasi kuda memerlukan waktu sekitar setengah jam.

Menanggapi video tersebut, pengunggah video juga meminta Pemerintah untuk mengambil langkah tegas terkait peristiwa yang terjadi ini.

“Hal ini selalu terjadi dan hal ini tidak dapat diterima!! Masyarakat yang beradab tidak akan membiarkan hal seperti ini terjadi. Kapan pemerintah daerah akan mengambil tindakan untuk menghentikan permasalahan yang sudah terlalu lama dibiarkan?,” tulis akun @jakartaanimalaidnetwork dalam captionnya, dikutip Jumat (15/1/2021).

Perlakuan sang kusir tersebut pun menuai kritik dari warganet, guys.

“Gila masih dicambuk.. udh ga kuat berdiri itu, marah bgt liatnya  ,” tulis salah seorang netizen.

“Kasian kudanya bapakny ngga punya hati .cari duit cari duit. Tapi klo kudanya sakit gimana,” tulis lainnya.

Berdasarkan pantauan Urbanasia, melalui Instagramnya, tim @jakartaanimalaidnetwork akhirnya berhasil mendatangi lokasi  kuda tersebut berada untuk menolong dan memastikan kuda tersebut kembali sehat.

“Kami akan menolong kuda ini dan memastikan dia mendapat makanan yang cukup dan sesuai tiap hari, kami juga akan mengedukasi dan memberi arahan pada pemilik kuda ini dan semoga nantinya pemilik kuda ini akan beralih profesi!,” tulisnya.

“Tadi siang, Mang Dadang telah memeriksa kuda ini dan besok tim kami akan mendatanginya lagi dengan membawa makanan, obat cacing dan barang-barang lain yang dibutuhkan,” tutup caption tersebut.

Komentar
paper plane