menu
user
URtrending

Viral Mobil Melaju Kencang Lewati Gerbang Tol, Uji Coba RFID?

Nivita Saldyni,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Mobil Melaju Kencang Lewati Gerbang Tol, Uji Coba RFID?
Image: Cuplikan video viral uji coba pembayaran tol dengan menggunakan RFID. (Facebook)

Jakarta - Sebuah video uji coba pembayaran tol dengan menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) viral di media sosial. Dalam video itu, pengguna jalan yang tengah melaju dengan cepat tak berhenti untuk melakukan transaksi.

Video tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Edoward Jc di grup Facebook Persatuan Driver Online GrabCar, GoCar, Rabu (17/3/2021). Video singkat itu menunjukkan sebuah mobil minibus melaju dengan kecepatan tinggi saat melintasi gerbang tol. Mobil itu pun berhasil melewati pembatas pintu tol tanpa perlu mengurangi kecepatan, apalagi berhenti.

"Uji coba bayar tol pakai RF ( radio freqiensi ) card.seberapa cepat reaksinya," kata Edoward dikutip Urbanasia, Senin (22/3/2021).

Alhasil video itupun menjadi viral. Bahkan hingga Senin (22/3/2021), video ini telah dibagikan sebanyak 1.600 kali dan dipenuhi ratusan komentar.

"Bahaya klo ky gituh bkl jd contoh ke pengguna mobil .. Nganjurin ngebut2 di pintu tol namanya," tanggap salah seorang netizen.

"Yg card etool aja kadang slow respon sensornya,, kudu di gesek2 kartu baru ngebuka...," komentar lainnya.

"Tingkat resiko nabrak sangat tinggi... portal gk selalu fast respon. Mungkin sensor bisa 0 koma sekian detik detect tpi respon ke portal udah pasti gk selamanya mulus...," tulis netizen lainnya.

Berdasarkan informasi yang Urbanasia kumpulkan dari berbagai sumber, video tersebut terjadi di Tol Waru-Juanda di Jawa Timur. Namun itu bukan video baru guys, melainkan video yang terekam pada tahun 2017.

Uji coba RFID ini dilakukan anak usaha PT Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP), PT Citra Margatama Surabaya. Sayangnya, hingga saat ini sistem tersebut belum terealisasikan, guys.

Melansir BAKTI Kominfo, RFID sendiri merupakan suatu teknologi yang digunakan untuk melakukan identifikasi dan pengambilan data dengan menggunakan barcode atau magnetic card. Metode identifikasinya menggunakan sarana yang disebut label RFID yang berfungsi untuk menyimpan dan mengambil data jarak jauh.

Label RFID pada prakteknya dapat disematkan dalam suatu produk, hewan bahkan manusia. Proses identifikasi pada RFID dapat terjadi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik. Oleh sebab itu proses identifikasi RFID membutuhkan dua perangkat yaitu tag dan reader agar dapat berfungsi dengan baik.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait