beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtrending

Viral Oknum Petugas Terminal Tirtonadi Terlibat Pungli, Ini Respons Gibran

Nivita Saldiny,
30 Juni 2022 14.17.19 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral Oknum Petugas Terminal Tirtonadi Terlibat Pungli, Ini Respons Gibran
Image: Tangkapan layar video oknum petugas kontrak di Terminal Tirtonadi yang lakukan pungli. (TikTok @ingatnafas)

Solo - Seorang petugas di Terminal Bus Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah (Jateng) diduga melakukan pungutan liar (pungli). Hal itu diketahui usai sebuah video yang merekam aksi oknum tersebut viral di media sosial.

Dilansir dari TikTok @ingatnafas, video singkat itu menunjukkan aksi seorang petugas tengah mengecek kelengkapan dokumen dari seorang kru bus. Awalnya tak ada yang janggal, hingga akhirnya petugas tersebut terekam kamera menerima 'sesuatu' yang diselipkan kru bus di balik dokumen tersebut.

"Ini loh pak @Gibran Rakabuming @Ganjar Pranowo katanya nggak boleh jabat tangan, harus social distancing? Nah ini kok salamannya begitu?" tulis akun TikTok @ingatnafas di caption postingannya dengan menggunakan bahasa Jawa.

@ingatnafas ki lho pak @Gibran Rakabuming @Ganjar Pranowo 🇮🇩 jare mboten pareng jabat tangan, kudu social distancing? ha iki kok salaman e ngunu jal? 🥺 #solothespiritofjava ♬ Terminal Tirtonadi - Didi Kempot

Postingan itu sontak mendapat sorotan netizen. Banyak yang ikut menandai akun Ganjar dan Gibran di kolom komentar dan minta agar kasus tersebut diselidiki.

"Bagaimana ini pak @Ganjar Pranowo," komentar salah seorang netizen.

"Pak, tolong ditindaklanjuti @Ganjar Pranowo," komentar lainnya.

"@Gibran Rakabuming mas wali, tolong ditindaklanjuti," tulis netizen lain di kolom komentar.

Kata Pihak Terminal Tirtonadi soal Video 'Pungli' yang Viral

Koordinator Terminal Tipe A Tirtonadi Joko Sutriyanto mengatakan dugaan tersebut terjadi sekitar bulan Mei 2022 yang videonya baru saja viral beberapa hari lalu.

Joko mengaku pihaknya sudah melakukan konfirmasi ke sejumlah pihak. Oknum yang terekam dalam video pun sudah dimintai keterangan.

"Katanya inisiatif sendiri, dia kaget tahu-tahu (kru bus) menyerahkan surat, tahu-tahu diajak salaman. Jadi, oknum ini mengaku ragu-ragu, ini apa? Untuk apa? Akan tetapi, apa pun itu karena tugas mestinya dia tidak mau," kata Joko di Solo, Rabu (29/6/2022) seperti dikutip dari Antara.

Joko menjelaskan dokumen yang diperiksa oknum tersebut adalah kelengkapan administrasi untuk ramp check (pemeriksaan jalan). Namun sebenarnya itu bukan tugasnya, sebab dia adalah tenaga kontrak yang bertugas mencatat produk.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait