menu
user
URnews

Viral, Pemulung Ketahuan Nimbun dan Buang Makanan

Kintan Lestari,
26 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Viral, Pemulung Ketahuan Nimbun dan Buang Makanan
Image: Seorang pemulung mencari plastik bekas di tumpukan sampah yang dibawa air pasang laut di muara Sungai Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/2/2021). (ANTARA FOTO/Basri Marzuki/wsj.)

Jakarta - Pemulung biasanya jadi sasaran orang yang tengah melakukan kegiatan donasi seperti berbagi makanan. Namun aksi tersebut kini jadi bahan pembahasan netizen.

Pasalnya baru-baru ini viral di media sosial (medsos) postingan soal pemulung yang membuang nasi kotak dari orang yang bersedekah.

Postingan viral pemulung tersebut diunggah oleh akun Facebook Intan Kusuma Dewi pada 14 Maret 2021.

Dalam postingannya, Intan mengunggah foto dari percakapan WhatsApp yang memperlihatkan beberapa nasi kotak yang dibuang.

Disebutkan dalam postingannya, nasi kotak tersebut hanya diambil lauk seperti ayam saja, sementara nasi dan lauk lainnya dibiarkan dan dibuang.

Melihat terbuangnya banyak nasi kotak, sang pemilik Facebook pun mengingatkan agar donatur atau orang yang ingin membagikan nasi kotak agar memberikan sedekahnya pada yang benar-benar membutuhkan alias tepat sasaran sehingga tidak mubazir jadinya. 

Netizen pun ramai mengomentari postingan Intan di Facebook dan menyebut oknum pemulung tersebut belagu.

Banyak yang juga mengalami kejadian hampir mirip saat bersedekah, seperti ditanya apa lauk dalam nasi kotaknya, atau pengemis yang meminta lebih banyak dan marah bila diberikan sedikit uang.

"Kok ada yg seperti itu ya, Alhamdulillah masih dapat rejeki, pakai nanya pula ya, apalagi sampai dibuang. Banyak yg masih butuh bantuan," komentar netizen.

"Gak makanan aja, uang pun juga pilih2. ada org ngemis dirumah dia minta 10rb, terus aku kasih 2rb terus dia marah2 dong katanya "uang 2rb bisa buat beli apa mbak, saya mintanya 10rb" asli ini bikin emosi," curhat seorang netizen.

"Pemulung, pengamen, terutama yang di Jakarta emang suka pada sombong, dulu gue juga pernah ngasih nasi kotak buat sahur malah dilemparin batu. Ga pantes mereka tuh dikasihani," cerita yang lainnya.

"Astagfirullohaladziim..Makanya sy gak pernah mau bagi2 di kota2..walau ke pemulung sekalipun..merkea blagu blagu...! Kecuali pernah sama petugas kembersihan jalan..... Berbagi mendingan smaa org kampung maaakkk....yg makan ayam nya setahun sekali," komentar yang lainnya. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait