Hot News

Surabaya - Rumah Sakit (RS) Lapangan Indrapura, Surabaya telah berhasil mengantar kesembuhan 2.070 warga Jatim untuk sembuh dari COVID-19. Laporan Satgas COVID-19 Jatim juga mencatat hingga hari ini (25/9/2020), RS Lapangan masih nol kasus kematian.

"Alhamdulillah, RS Lapangan Indrapura telah menyembuhkan 2.070 pasien dengan nol kematian. Ini merupakan salah satu prestasi yang luar biasa," kata Ketua Satgas COVID-19 Jatim, Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Jumat (25/9/2020).

Gubernur Jawa Timur ini juga menyampaikan bahwa karantina terpusat yang dilakukan oleh RS Lapangan Indrapura menjadi kunci keberhasilan pencapaian tersebut.

Menurutnya itu adalah cara yang paling efektif untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di wilayah setempat.

"Oleh karena itu kami semua menyampaikan terimakasih kepada para tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat, para relawan serta semua pihak yang telah bekerja secara profesional tidak kenal lelah, khususnya Pangkogabwilhan II yang mengomandani RS Lapangan ini," imbuhnya.

Nah, selain metode isolasi atau karantina terpusat, Khofifah menyebut metode perawatan yang tepat juga menjadi faktor pendukung yang kuat dari tingginya angka kesembuhan di RS Lapangan.

Mulai dari makanan yang bergizi tinggi, rutin berjemur, senam hingga ngopi bersama menjadi fasilitas pendukung untuk perawatan di sana.

Menurut perempuan nomor satu di Jatim ini, fasilitas itu diberikan juga sebagai upaya meningkatkan rasa nyaman dan bahagia kepada pasien agar imunitas mereka meningkat sehingga kesembuhan bisa tercapai. 

"Selain itu untuk mencegah happy hypoxia, monitoring oksigen juga dilakukan secara ketat 3-4 kali sehari. Jadi diharapkan bisa mencegah terjadinya perburukan akibat COVID-19. Alhamdullah  saat ini kematiannya nol persen," tutupnya.

Sementara itu hingga Kamis (24/9/2020) malam, jumlah kumulatif terkonfirmasi positif COVID-19 di Jatim telah mencapai 42.098 kasus.

Dari jumlah ini 34.862 pasien telah dinyatakan sembuh, 4.174 pasien masih dalam perawatan, dan 3.062 lainnya meninggal dunia.


Loading ..