menu
user
URtainment

Wajib Kamu Tahu, 5 Manfaat Menonton Film Bagi Kesehatan

Nivita Saldyni,
14 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wajib Kamu Tahu, 5 Manfaat Menonton Film Bagi Kesehatan
Image: Ilustrasi nonton film. (Freepik/lookstudio)

Jakarta - Pandemi COVID-19 telah membuat kita jadi punya hobi baru, salah satunya menonton film. Tapi tahukah kamu bahwa selain jadi hobi yang menghibur di tengah pandemi, menonton film juga punya manfaat bagi kesehatan loh. 

Dilansir dari Psych Central, Birgit Wolz, seorang psikoterapis dari Oakland, California mengatakan menonton film dapat mengubah cara kita berpikir, merasakan, dan pada akhirnya menghadapi pasang surut hidup sehingga membuat kegiatan ini jadi sangat berharga.

Nah, penggunaan film sebagai terapi ini dikenalkan oleh Gary Solomon yang menyebutnya dengan istilah Cinematherapy. Terapi ini akan bekerja saat kita memilih film dengan tema yang mencerminkan masalah atau situasi kita saat ini.

Dalam artikel Psych Central berjudul 'How Watching Movies Can Benefit Our Mental Health', Solomon mengungkap beberapa manfaat menonton film, berikut di antaranya : 

1. Mendorong pelepasan emosi

1617107100-menonton-film.jpgIlustrasi nonton film. (Freepik)

Menonton film bisa menjadi mendorong seseorang mengekspresikan emosinya, bahkan untuk orang yang kesulitan melakukannya. Entah itu menangis atau tertawa, semua bisa diekspresikan selama menonton film. Menurut Solomon, pelepasan emosi dari menonton film ini bisa membuat seseorang lebih nyaman dalam mengekspresikan emosinya di kehidupan nyata.

2. Lebih bahagia dan bersyukur dengan menonton film sedih

Urbanreaders, mungkin bingung mengapa menonton film sedih bisa membuat seseorang lebih bahagia. Namun kamu akan paham ketika merasa bersyukur atas hidup yang kamu jalani saat ini.

Konflik dalam film membuat kamu menyadari masalah yang sedang kamu hadapi. Bahkan tak jarang orang akan membuat perbandingan konflik dalam film dengan permasalahan di kehidupannya yang kemudian membuatnya lebih bersyukur.

3. Lebih memahami kehidupan

1617107178-nonton-film-sambil-nyemil.jpgIlustrasi nonton film sambil nyemil. (Freepik/wayhomestudio)

Tanpa kamu sadari, cerita yang disajikan dalam setiap film menawarkan perspektif yang dapat membantu kita memahami dunia. Apalagi setiap film punya warna yang berbeda, sehingga membuat kita mampu melihat dunia dari berbagai perspektif yang berbeda pula.

4. Istirahat sejenak dari permasalahan yang ada

Menonton film butuh konsentrasi. Hal ini tak jarang membuat kita fokus pada cerita yang disajikan dan melupakan sejenak persoalan di kehidupan nyata. Hal ini, menurut Solomon memberikan otak kita waktu istirahat dari permasalahan kehidupan yang sangat dibutuhkan.

5. Menonton film membuat kita merasa lega

Manfaat terakhir yang bisa kita dapat adalam dengan merasakan perasaan rileks atau lega. Apalagi saat menonton film yang menegangkan, hormon kortisol (hormon stres) di otak akan terlepas dan diikuti oleh dopamin yang menghasilkan perasaan senang.

Hal ini juga pernah dijelaskan oleh dr. Resthie Rachmanta Putri dari Klikdokter. Menurutnya menonton film membuat seseorang merasa rileks sehingga membuat tubuh mengeluarkan hormon endorfin yang merupakan hormon kebahagiaan. Saat hormon endorfin meningkat, maka hormon kortisol otomatis akan menurun. Hal ini membuat peredaran darah di tubuh menjadi lebih lancar dan kerja jantung lebih ringan.

Nah itu dia guys manfaat kesehatan yang bisa kamu dapat dari menonton film. Kamu tak perlu jauh-jauh ke bioskop untuk dapat merasakan manfaat ini loh, cukup akses situs dan aplikasi nonton film streaming online legal dan menontonnya di rumah. Selamat menonton!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait