Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URoto

Waspada! Ini 5 Penyebab Ban Mobil Kempis Tiba-Tiba

Alwin Jalliyani,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! Ini 5 Penyebab Ban Mobil Kempis Tiba-Tiba
Image: Ilustrasi ban mobil (Pixabay/Mikes-photography)

Jakarta - Udara yang mengisi ruang pada ban mobil perannya sangat vital dalam menunjang kinerja ban saat dikendarai. Bobot mobil akan terasa lebih berat apabila udara ban berkurang atau kempis. Hal ini akan membuat mobil kurang nyaman digunakan. 

Sebagai bentuk antisipasi, Urbanreaders perlu mengetahui penyebab berkurangnya udara ban yang dilansir dari Auto2000.

1. Ban Memiliki Pori-Pori

1612873216-Ilustrasi-mobil-ban-depan.pngSumber: Ilustrasi ban mobil. (Freepik/azerbaijan_stock)

Bahan dasar ban yang terbuat dari karet memiliki pori-pori halus tak kasat mata. Apabila mobil melintasi kawasan bertekanan tinggi, akan membuat udara keluar dari pori-pori ban mobil tersebut. 

Bukan hanya di kawasan dengan tekanan tinggi, kondisi mobil yang terparkir dalam waktu lama juga memungkinkan terjadi fenomena serupa.

2. Suhu Lebih Dingin

1595328270-Hankook-Tire---AM81.pngSumber: Ilustrasi ban mobil (Hankook Tire)

Ketika mobil berada di suhu yang dingin, tekanan udara pada ban mobil akan menurun dan mengempis. Suhu dingin juga membuat material karet mengalami pengerutan yang membentuk ruang kosong antara ban dengan pelek. Celah antara ban dan pelek berpotensi mengeluarkan udara ke permukaan.

3. Pentil Ban Rusak

1595244576-ban-mobil.jpgSumber: Ilustrasi ban mobil (freepik)

Pentil ban berfungsi sebagai penghubung antara alat pengisi udara dengan ban. Masalahnya, jarum pentil bisa mengalami kerusakan yang membuat udara keluar. Apabila pentil ban robek, maka ban berpotensi bocor. 

Apalagi jika lubang pelek sebagai dudukan pentil juga bermasalah, seperti membentuk sudut tajam atau berkarat.

4. Ban Mobil Bocor Halus

1628584287-pile-1868894-1920.jpgSumber: Ilustrasi Ban Mobil. (Pixabay/Pexels 9145 images)

Kemungkinan lainnya, yaitu ban mobil bocor halus sehingga udara keluar, meskipun udara yang keluar sangat lambat. Seperti pada ban tubeless yang terlihat tidak bocor, tetapi mengeluarkan angin karena ada benda asing menusuk telapak ban. 

Kondisi serupa terjadi saat lepasnya tambalan ban dalam mobil pada ban non-tubeless yang membuat udara bisa menyelinap keluar.

5. Pelek Mobil Rusak

1628584342-car-4048220-1920.jpgSumber: Ilustrasi Ban Mobil. (Pixabay/tianya1223)

Dudukan pelek mobil yang rusak dapat membuat ban tidak mampu menempel rapat dengan pelek. Celah tersebut yang menjadi pintu keluar udara. 

Penyebab pelek rusak antara lain karena mobil sering menghantam lubang di jalan dengan kecepatan tinggi. Sebab lainnya adalah pelek berkarat dan menimbulkan lubang.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait