menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

Waspada! Malware Berbahaya Intai Pengguna Android

Afid Ahman,
17 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! Malware Berbahaya Intai Pengguna Android
Image: Ilustrasi malware pada Android. (Ubergizmo)

Jakarta - Pengguna Android sepertinya tidak bisa hidup tenang, soalnya begitu banyak malware yang menghantui. Dan sering kali tingakatnya berbahaya, seperti yang baru-baru ini terungkap.

Bernama FluBot, malware ini menyamarkan diri menjadi sebuah pesan dari layanan pengiriman internasional seperti DHL sehingga membuat pengguna ponsel tidak menaruh curiga.

Dalam pesan tersebut meminta pengguna untuk menginstal aplikasi pelacakan. Padahal itu sebenarnya spyware yang berbahaya.

Bikin khawatirnya spyware tersebut dapat mengambil alih perangkat dan memata-matai ponsel untuk mengumpulkan data sensitif, termasuk detail perbankan online.

Tidak sampai di situ, malware ini punya  kemampuan untuk mengirim lebih banyak pesan teks dari kontak pengguna yang terinfeksi. Risiko yang lebih besar lagi pengguna  kehilangan data sensitif dari ponselnya.

Sampai saat ini di Inggris sudah jutaan pesan berisi malware sudah terkirim di jaringan operator Vodafone.

"Konsumen harus sangat waspada dengan malware khusus ini. Harus sangat berhati-hati dalam mengklik link apa pun dalam pesan teks," kata pihak Vodafone.

Nah jadi kalau kamu menerima pesan serupa yang meminta untuk menginstal aplikasi dari file APK yang disertakan, baiknya dicuekin aja. Karena begitu mengklik dan menginstalnya, siap-siap dengan segala bahaya yang tadi dipaparkan.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait