menu
user
Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

Waspada! Mutasi COVID-19 Asal India dan Afrika Sudah Masuk Indonesia

Nivita Saldyni,
15 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Waspada! Mutasi COVID-19 Asal India dan Afrika Sudah Masuk Indonesia
Image: Ilustrasi - Budi Gunadi Sadikin. (YouTube Sekretariat Presiden)

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengumunkan bahwa dua mutasi baru virus corona telah masuk ke Indonesia. Mutasi baru virus corona itu berasal dari India dan Afrika Selatan.

“Tadi sudah dilaporkan ke Bapak Presiden, sudah ada mutasi baru yang masuk, yaitu mutasi dari India. Ada dua insiden yang sudah kami lihat, dua-duanya di Jakarta. Dan satu insiden untuk mutasi dari Afrika Selatan yang masuk, itu ada di Bali,” kata Budi dalam konferensi pers di Jakarta yang digelar virtual, Senin (3/5/2021).

Budi menyatakan bahwa keduanya adalah varian yang mengkhawatirkan (variant of concern) menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Sehingga tentu kewaspadaan perlu terus ditingkatkan, guys.

“Mutasi-mutasi ini yang masuk sebagai kategori variant of corncen atau mutasi-mutasi yang memang sangat diperhatikan oleh WHO karena penularannya relatif lebih tinggi, ini yang harus kita jaga. Mumpung masih sedikit karena mereka pasti akan segera menyebar karena penularannya relatif lebih tinggi dibandingkan yang lain,” jelas Budi.

Dengan hadirnya tiga kejadian baru dari mutasi asal India dan Afrika ini, kini tercatat ada 16 kasus yang berasal dari varian virus corona mengkhawatirkan. Budi merinci jumlah tersebut terdiri dari 13 insiden mutasi dari Inggris, dua insiden mutasi dari India, dan satu insiden mutasi dari Afrika Selatan.

“Adalah tugas kita bersama untuk segera melakukan isolasi untuk yang terkena. Disiplin melakukan testing, tracing untuk kontak erat dari daerah sekitarnya, dan juga teman-teman yang paling penting sekali lagi memakai masker, mencuci tangan, jaga jarak," tegas Budi. 

“Apapun virusnya, apapun mutasinya kalu kita disiplin protokol kesehatannya, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, insyaAllah harusnya penularan tidak terjadi,” tutupnya.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait