Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtainment

Weibo Suspend 21 Akun Fans BTS hingga BLACKPINK, Kenapa?

Afid Ahman,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Weibo Suspend 21 Akun Fans BTS hingga BLACKPINK, Kenapa?
Image: BTS Butter/Big Hit Music

Cina - Weibo mengumumkan telah suspend 21 akun penggemar KPop lantaran 'perilaku mengejar bintang yang tidak rasional (irasional)'.

Akun-akun tersebut, yang telah ditangguhkan selama 30 hari, merupakan milik para fans BTS, BLACKPINK, EXO, dan IU. 

Penangguhan sementara datang setelah akun penggemar yang didedikasikan untuk Jimin BTS ditangguhkan. Akun tersebut dilabeli 'Akun tersebut untuk sementara dilarang memposting karena melanggar peraturan komunitas Weibo'.  

Weibo menambahkan bahwa beberapa posting blog juga telah dihapus. Media sosial Cina dengan tegas menyatakan, "menentang perilaku mengejar bintang yang tidak rasional dan akan menanganinya dengan serius," dan berjanji untuk "mempromosikan kegiatan mengejar bintang yang rasional dan mengatur ketertiban masyarakat."

Seperti diketahui Jimin BTS akan merayakan ulang tahunnya yang ke-26 pada 13 Oktober 2021 mendatang. Fansite Jimin BTS dari Cina bernama Jimin Bar melakukan pengumpulan dana donasi untuk memajang foto Jimin BTS di badan pesawat Jeju Air sebagai perayaan ulang tahunnya.

Sudah menjadi tradisi di kalangan penggemar grup K-Pop untuk memasang iklan ulang tahun buat idola mereka. Tapi hal tersebut dianggap tidak masuk akal oleh platform internet Cina.

Apalagi beberapa pekan terakhir, industri hiburan Cina telah menjadi target penertiban oleh Partai Komunis yang berkuasa di negara tersebut. Ini buntut Presiden Cina Xi Jinping yang mengeluarkan tindakan keras terhadap bisnis sektor swasta bidang teknologi yang dianggap  telah meluas melampaui target awal.

Imbasnya tidak hanya akun para penggemar, suspend turut dirasakan artis Cina, salah satunya Zhao Wei atau Vicki Zhou. Seluruh informasi serta hal-hal yang berhubungan dengan dirinya menghilang dari internet sejak Kamis (26/8/2021) tanpa alasan yang jelas.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait