Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URnews

WHO Usul Namakan Varian Baru Virus Corona dengan Nama Zodiak

Kintan Lestari,
sekitar 2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
WHO Usul Namakan Varian Baru Virus Corona dengan Nama Zodiak
Image: Ilustrasi COVID-19. (Pixabay/geralt)

Jakarta - Virus COVID-19 terus menerus bermutasi, maka dari itu ke depannya akan muncul banyak varian virus baru yang mungkin saja lebih ganas.

Melihat hal itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengusulkan akan menamai virus corona varian baru menggunakan nama-nama zodiak. Ide tersebut dilontarkan Kepala Teknis WHO untuk COVID-19, Maria Van Kerkhove, pada awal bulan Agustus.

Sejak bulan Mei, mutasi baru dinamai menggunakan huruf alfabet Yunani, seperti strain Delta, Beta dan Alpha. Namun banyaknya mutasi membuat Van Kerkhove berpikir mungkin saja 24 alfabet Yunani tidak cukup. 

Maka dari itu, ia mempertimbangkan penamaan varian baru virus corona menggunakan rasi bintang. Jadi ke depannya bisa saja ada varian Gemini atau Aries.

"Kita mungkin akan kehabisan alfabet Yunani, tapi kita sudah melihat rangkaian nama berikutnya," ujar Maria Van Kerkhove pada The Telegraph, Sabtu (7/8/2021). 

"Kami sebenarnya sedang mempertimbangkan konstelasi bintang. Kami akan mencoba dengan dewa atau dewi Yunani, dan saya berkata tolong, tolong jangan membuat saya mengatakan itu di depan umum," lanjutnya. 

Van Kerkhove menyatakan WHO tengah melihat-lihat proposal untuk memastikan tidak ada yang kecewa dengan nama-nama tersebut.

Sebelumnya pada awal tahun 2021, WHO memperingatkan kalau penamaan varian berdasarkan di mana virus pertama kali diidentifikasi dapat berakhir dengan stigmatisasi suatu negara atau tempat.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait