menu
user
URtech

Wow! 1,4 Miliar Panggilan WhatsApp Terjadi di Malam Tahun Baru

Afid Ahman,
3 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wow! 1,4 Miliar Panggilan WhatsApp Terjadi di Malam Tahun Baru
Image: The News

Jakarta - Rekor yang luar biasa dicatatkan WhatsApp saat malam Tahun Baru 2021. Sebanyak 1,4 miliar panggilaan terjadi di momen pergantian tahun.

Angka tersebut 50% lebih banyak dari malam tahun baru sebelumnya. Karenanya ini jadi rekor terbaru yang diraih layanan pesan milik Facebook ini. 

“Lebih dari 1,4 miliar panggilan suara dan video dilakukan pada Malam Tahun Baru 2020 secara global, panggilan terbanyak dalam satu hari di WhatsApp,” kata Facebook dalam keterangan resminya.

Pandemi Covid-19 ditengarai sebagai pemincu lonjakan tersebut. Facebook sendiri sudah memprediksi sejak lama dan benar terjadi.

Technical Program Manager at Facebook Caitlin Banford mengatakan lonjakan traffic di awal pandemi membantu tim Facebook untuk bersiap menangani kenaikan saat malam Tahun Baru.

"Di balik layar, Facebook Engineering bekerja sama untuk mendorong peningkatan efisiensi dan membuat infrastruktur kami lebih tangguh. Pekerjaan ini mencakup uji beban, uji pemulihan bencana dan mengacak kapasitas," terang Banford.

"Tahun ini, malam Tahun Baru terlihat sangat berbeda, dan kami memiliki tim teknisi di seluruh aplikasi Facebook, siap untuk mendukung masalah apa pun, agar dunia bisa menyambut 2021," lanjutnya.

Selain WhatsApp, Facebook turut mendapati adanya peningkatan akses pada layanan lain yang mereka miliki. Messenger mencatat hampir 2 kali lebih banyak panggilan video grup dibandingkan dengan rata-rata hari biasa.

Sementara layanan Instagram Live dan Facebook Live mendapati ada lebih dari 55 juta siaran langsung terjadi pada malam Tahun Baru 2021.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait