beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URnews

Wow! Ramai Muncul Petisi Minta Jokowi Copot Terawan

Afid Ahman,
hampir 2 tahun yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Wow! Ramai Muncul Petisi Minta Jokowi Copot Terawan
Image: Menkes Terawan. (Kemenkes RI)

Jakarta - Kinerja Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto makin disoroti publik saat ia tak muncul dalam tayangan Mata Najwa.

Banyak orang menunggu kehadirannya untuk menjawab pertanyaan tentang upayanya dalam mengatasi pandemi COVID-19 dalam enam bulan terakhir.

Ketidakhadirannya begitu dikritik oleh warganet, hingga banyak konten dan meme ‘kursi kosong’ yang jadi trending di media sosial. Sementara itu, Koalisi untuk Indonesia Bebas COVID-19 menilai bahwa Terawan telah gagal menjalankan tugasnya sebagai Menteri Kesehatan.

Koalisi untuk Indonesia Bebas COVID-19 ini terdiri dari JALA PRT, buruh Supinah, Presiden UIN Jakarta Sultan Rivandi, dan Ketua BEM UI Manik Marganamahendra, dan Irma Hidayana dari LaporCovid19.

Mereka memulai petisi di laman Change.org yang meminta agar Presiden Joko Widodo mencopot Terawan dari jabatannya sebagai Menteri Kesehatan dan menggantinya dengan ahli kesehatan yang lebih kompeten.

1601715394-Petisi-untuk-Terawan.pngSumber: Petisi untuk Menteri Agama, Terawan Agus Putranto. (Change.org)

Petisi yang dapat diakses melalui laman ini kini sudah didukung oleh hampir 4000 orang dalam dua hari.

Dalam petisinya, Koalisi menyebutkan bahwa sejak awal Menkes Terawan terkesan menggampangkan wabah ini. Penanganannya pun jadi tidak serius.

Saat ini pun ia tidak mampu menyelesaikan masalah-masalah seperti perlindungan tenaga kesehatan dan menekan angka penyebaran COVID-19.

Angka kasus baru dan aktif COVID-19 terus meningkat, menjadikan Indonesia duduk di peringkat ke-13 di dunia. Bahkan, Indonesia menempati peringkat kedua di dunia untuk laju peningkatan kasus baru dan korban meninggal hariannya.

Angka kematian tenaga kesehatan pun mencapai lebih dari 200 orang, menjadi salah satu negara dengan kematian tenaga kesehatan yang paling tinggi.

“Publik sudah banyak yang meminta pertanggungjawaban kepada Menkes Terawan. Namun beliau sering menghilang. Dan membiarkan publik melawan virus Corona sendiri. Publik makin tak percaya kecakapan Menkes dalam mengatasi wabah. Apakah kita harus menggantungkan nyawa dan nasib ratusan juta masyarakat Indonesia kepada Menkes seperti itu?” kata Manik Marganamahendra sebagai perwakilan Koalisi untuk Indonesia Bebas Covid-19 di petisi.

Koalisi juga membandingkan Terawan dengan menteri kesehatan dari 8 negara lain yang memilih untuk mundur karena dinilai gagal menangani pandemi Covid-19. “Alangkah terhormatnya, jika Saudara Terawan juga mengikuti koleganya di luar negeri dengan mundur sebagai Menteri Kesehatan karena telah gagal menjalankan tugasnya,” tulis mereka di petisi.

Komentar senada juga disampaikan oleh para pendukung petisi.

 

“Tidak ada bentuk tanggung jawab yang pasti yang dilakukan oleh Terawan sebagai menteri kesehatan. Di mana banyak kematian dan penyebaran dengan jumlah kasus COVID-19 makin meningkat di setiap harinya,” tulis Ahmad Afandi.

“Kinerja minim… statement-nya kontra dengan kondisi kesehatan rakyat apalagi di masa pandemi Covid-19, sampai saat ini kasus Covid-19 semakin parah di Indonesia.  Pilihlah menteri yang kompeten dan ahli di bidangnya,”  tulis Andi Muhammad Kasim.

“Dari sejak awal pandemic, tidak terlihat peran nyata dari Seorang Menkes yang seharusnya memegang peranan paling besar dan posisinya paling strategis untuk melakukan upaya2 penanganan, pencegahan meluasnya covid 19,” kata Dian palupi Anggarawati.

Bila kamu ingin ikutan mendukung bisa mengakses petisi tersebut di sini, guys!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait