beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

Xiaomi Bikin Robot Humanoid, Zodiak Leo dan Bisa Kenali Emosi Manusia

Shinta Galih,
15 Agustus 2022 10.26.35 | Waktu baca 1 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Xiaomi Bikin Robot Humanoid, Zodiak Leo dan Bisa Kenali Emosi Manusia
Image: Robot CyberOne Xiaomi. (Xiaomi)

Jakarta - Setelah sukses membesut perangkat smartphone dan Internet of Things (IOT), Xiaomi mencoba peruntungan dengan membuat robot humanoid pertamanya. 

Robot Humanoid Xiaomi ini diberi nama CyberOne dan diklaim punya kemampuan mengenal emosi manusia.

CyberOne memiliki tinggi 177 cm dan berbobot 52 kg. Robot yang memiliki julukan 'Metal Bro' dan berzodiak Leo memiliki wajah panel OLED melengkung.

Selain mengenali emosi manusia, robot ini juga mampu melihat sekitar dalam format 3D dan mendengar dengan baik berkat 2 mikrofon yang disematkan di badannya.

Robot CyberOne dilengkapi algoritma kontrol seluruh tubuh yang dapat mengkoordinasikan pergerakan 21 sendi.

Soal kemampuan yang disebut di awal, CyberOne dapat menafsirkan 45 emosi semantik manusia dan membedakan 85 semantik lingkungan. Robot tersebut juga diklaim bisa mempelajari keterampilan baru setiap harinya.

Kemampuan tersebut berkat kejelian Xiaomi menggabungkan teknologi mekatronika canggih dan AI yang dibuat oleh Robot Labs mereka.

Dikarenakan masih generasi pertama, CyberOne ini dinilai masih dalam tahap pengembangan. Xiaomi membanderol robot CyberOne ini seharga 600.000 Yuan atau sekitar Rp 1,3 miliar.

Untuk diketahui Xiaomi bukan kali pertama ini menghadirkan robot. Tahun lalu mereka sukses meluncurkan robot berbentuk hewan dengan nama Cyberdog.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait