beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtainment

YouTuber Sara Holmes Meninggal karena Leukemia

Shelly Lisdya,
6 September 2022 13.30.29 | Waktu baca 3 menit
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
YouTuber Sara Holmes Meninggal karena Leukemia
Image: YouTuber Australia, Hoju Sara. (Instagram/hojusara)

Jakarta - Sara Holmes, YouTuber Australia yang dikenal karena membuat vlog tentang kehidupannya di Korea Selatan, meninggal pada usia 31 tahun setelah enam bulan berjuang melawan leukemia.

Sara Holmes, lebih dikenal sebagai 'HojuSara', memiliki 340 ribu pengikut dan dikenal karena videonya tentang makanan, budaya, perjalanan, dan kecantikan Korea. 

Sara didiagnosis dengan leukemia myeloid akut pada bulan Mei, tak lama setelah tiba pulang ke rumahnya di Brisbane dengan tunangannya yang merupakan warga Korea bernama Hyun. 

Sambing menangis, Hyun mengumumkan kematian Sara kepada penggemar pada 5 September 2022 lewat video berdurasi 40 menit di kanal YouTube-nya. 

"Karena perpisahan itu menyedihkan, katakanlah Bbyong sebagai gantinya. Byeong!" tulis Hyun, dikutip Urbanasia, Selasa (6/9/2022). 

FYI, 'Bbyong' adalah istilah slang Korea yang berarti muncul atau menghilang.

Hyun juga mencantumkan pesan suara yang dia rekam dari rumah sakit sesaat sebelum kematian Sara.

"Jika Anda mendengarkan ini, saya mencintai Anda semua. Jika Anda mendengarkan ini, saya melihat Anda semua dari langit," kata Sara dalam pesan tersebut. 

"Saya ingin membuatnya sampai akhir. Aku akan menjaga kalian semua. Setiap kali Anda melihat sesuatu yang indah, itu adalah saya. Ini bukanlah akhir. Aku masih berjuang. saya sedang berjuang. Aku ingin menghabiskan waktu yang lebih berharga dengan kalian semua. Saya ingin mengirimi Anda semua pesan, tetapi ini datang lebih cepat dari yang saya harapkan," katanya lagi.

"Saya telah membuat begitu banyak teman baik. Saya kira saya telah menggunakan semua keberuntungan saya. Saya tidak menyesal. Saya ingin menghabiskan lebih banyak waktu denganmu, tapi aku akan tetap mengawasimu," tutupnya.

Hyun menjelaskan bahwa kekasihnya telah diberikan waktu kurang dari seminggu untuk hidup oleh dokter pada Agustus, tetapi berhasil bertahan selama 10 hari sebelum meninggal pada 1 September 2022.

"Dia benar-benar orang yang baik. Sepanjang hidup saya, ini adalah pertama kalinya saya bertemu orang yang begitu baik," kata Hyun sembari menangis.

Sara Holmes didiagnosis kurang dari enam bulan yang lalu setelah kembali ke Australia bersama Hyun untuk liburan keluarga. Saat tinggal di rumah temannya di Sydney, dia merasakan sakit punggung yang aneh yang belum pernah dirasakan sebelumnya. 

Rasa sakitnya terus menyebar, dan begitu dia tiba di Brisbane untuk menemui orang tuanya, dia dilarikan ke ruang gawat darurat guna menjalani tes.

Setelah beberapa hari di rumah sakit dan menjalani tes pembekuan darah, Sara diberitahu bahwa jantungnya sehat dan mungkin hanya mengalami 'nyeri otot', sebelum disarankan untuk pulang dan 'beristirahat selama beberapa hari'. 

Sara pingsan saat keluar dari rumah sakit, dan dibawa ke rumah sakit yang berbeda melalui ambulans untuk pengujian lebih lanjut, sebelum akhirnya didiagnosis dengan leukemia myeloid akut. 

"Ketika saya berada di rumah sakit itu, orang lain tidak bisa masuk ke ruang gawat darurat karena virus corona. Saya hanya harus masuk sendiri," dia mengungkapkan pada Mei. 

Sara Holmes mengaku terkejut dengan diagnosisnya. Pasalnya, dia menjalani gaya hidup sehat dan baru saja mendaki serta mengendarai sepedanya dengan Hyun beberapa hari sebelumnya.

Selain itu, Sara juga mengaku tidak merokok atau minum alkohol dan berolahraga secara teratur. 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait