Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtrending

Zara Rutherford Siap Cetak Rekor Pilot Cewek Termuda yang Keliling Dunia

Okke Oscar,
2 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
Zara Rutherford Siap Cetak Rekor Pilot Cewek Termuda yang Keliling Dunia
Image: Zara Rutherford. Sumber: Instagram @FlyZolo

Belgia - Baru-baru ini, seorang pilot perempuan bernama Zara Rutherford (19) memulai perjalanannya keliling dunia dengan pesawat aircraft yang dikendarainya sendiri.

Zara memulai perjalanan tiga bulannya dari Kortrijk, Belgia, kemarin (19/8/2021) pukul 10 waktu setempat.

Alumni Sekolah St Swithun, Winchester, ini punya tujuan untuk terbang melintasi 52 negara dan melintasi garis khatulistiwa dua kali selama perjalanannya.

Pemegang rekor pilot perempuan termuda yang berkeliling dunia saat ini adalah Shaesta Waiz (30) dari Amerika, pada 2017 lalu. Sedangkan untuk pria, pemegang rekor termuda adalah 18 tahun.

Selama ini, Zara telah mempersiapkan perjalanannya termasuk pelatihan dunker, berlatih cara keluar dari pesawat di bawah air, serta perawatan pesawatnya.

Perjalanan mengelilingi mencakup 70 pemberhentian yang direncanakan dengan 19 hari istirahat dan akan berakhir kembali di Kortijk pada 4 November.

Dilansir BBC, Zara mengatakan tantangan terbesar buatnya adalah tempat-tempat terpencil seperti Rusia utara atau Greenland.

"Tidak banyak orang yang tinggal di sana, jadi jika ada yang tidak beres saya akan berada dalam situasi yang sedikit canggung," katanya.

Zara telah menghabiskan lima tahun di Sekolah St Swithun, yang merupakan salah satu yang mensponsori perjalanannya tersebut.

Kepala Sekolah St Swithun, Jane Gandee mengatakan, Zara adalah murid teladan yang penuh tekad dan inisiatif tinggi.

"Dia telah menyadari bagaimana perempuan kurang terwakili di beberapa bidang, terutama penerbangan, sains dan teknologi, dan dia ingin melakukan sesuatu untuk ini," tambah Jane.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FlyZolo (@fly.zolo)

Zara yang berasal dari keluarga pilot, mulai berlatih menerbangkan pesawat ketika dia berusia 14 tahun dan mendapatkan lisensi pada 2020.

Dia akan menerbangkan Shark UL Aircraft yang merupakan pesawat sport ultralight yang memegang sejumlah rekor kecepatan.

Dia akan terbang ke Wick, melalui Aberdeen, sebelum melintasi Samudra Atlantik ke Islandia, Greenland, lalu Kanada.

Rencana perjalanannya akan membawanya menyusuri pantai timur AS ke Amerika Selatan sebelum menuju pantai barat kembali ke Alaska, menyeberang ke Rusia, Asia Timur dan Tengah, sebelum kembali ke Eropa melalui Timur Tengah.

Rute ini telah dipilih untuk memenuhi persyaratan Guinness World Records sebagai "penerbangan keliling dunia". Kalau berhasil, Zara akan mencetak rekor baru jadi pilot perempuan termuda yang berkeliling dunia. Good luck, Zara!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait