Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URguide

10 Peluang Usaha Bisnis Rumahan yang Nggak Butuh Modal Besar

Kintan Lestari,
25 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Peluang Usaha Bisnis Rumahan yang Nggak Butuh Modal Besar
Image: Ilustrasi bisnis bareng pacar. (Freepik/asier_relampagoestudi)

Jakarta - Peluang usaha bisnis rumahan ada banyak. Untuk anak muda yang mau berbisnis, dengan meleknya teknologi pasti mereka bisa menemukan ide bisnis yang menjanjikan. 

Masalahnya sering kali untuk menjalankan bisnis, seseorang terhalang di modal. Padahal nih ya, ada loh usaha bisnis rumahan yang nggak butuh modal besar.

Lalu usaha apa yang cocok untuk rumahan? Kemudian usaha apa yang menjanjikan dengan modal kecil? 

Berikut Urbanasia berikan 10 rekomendasi peluang usaha bisnis rumahan yang nggak butuh modal besar.

1. Kursus Online

Usaha yang satu ini cocok untuk anak-anak muda karena hanya membutuhkan laptop, yang mana hampir sebagian dari mereka pasti punya di rumah masing-masing.

Kamu tinggal jual kebisaan kamu secara online. Kalau bisa menjahit, ya buka kursus online menjahit dengan share tutorial menjahit. Atau kalau kamu bisa memasak, ya buka kursus memasak online.

2. Affiliate Marketing

1623397111-marketing.jpgSumber: Ilustrasi marketing. (Freepik/rawpixel.com)

Kalau usaha yang satu ini sangat membutuhkan kemampuan berjualan kamu. Jadi affiliate marketing atau pemasaran afiliasi adalah bisnis usaha untuk menjualkan produk atau jasa orang lain dengan tujuan mendapatkan komisi dari barang atau jasa yang berhasil dijualkan. 

Tapi bedakan dengan reseller ya. Untuk reseller setidaknya kamu perlu modal sedikit untuk membeli stok barang yang ingin dijual. Sementara affiliate marketing kamu tidak perlu membeli atau menyimpan produk yang ditawarkan, jadinya kamu bisa memulai usaha ini bahkan tanpa modal. 

3. Jasa Penitipan Anak

1604492594-anak-anak.jpgSumber: Freepik

Usaha yang satu ini cocok banget buat kamu yang suka sama anak-anak dan tinggal di kota besar. 

Seperti diketahui kan, orang di kota banyak yang sibuk sehingga terkadang mereka mencari orang lain untuk menitipkan anaknya. Nah, kondisi tersebut bisa jadi peluang yang bagus kan untuk mencoba memulai usaha.

4. Jualan Snack atau Makanan Ringan

Bisnis makanan tak akan pernah ada matinya. Saat pandemi COVID-19 mematikan hampir banyak usaha, usaha makanan ringan atau jajanan berskala rumahan berhasil survive. 

Nah, kalian juga bisa menjajal usaha rumahan yang satu ini. Lihat di lingkungan kalian, marketnya yang banyak siapa. Kalau anak kecil bisa coba jualan minuman rasa-rasa atau telur gulung. Kalau kebanyakan orang tua, kalian bisa coba berjualan jajanan pasar untuk tetangga sarapan.

5. Jasa Translate

Kalau kalian kebetulan lulusan jurusan bahasa asing, usaha satu ini bisa jadi bisnis menjanjikan untukmu. Modalnya ya hanya kemampuan bahasa asing yang kamu punya dan komputer kamu serta internet untuk memasarkan jasa kamu di media sosial.

6. Guru Les Privat

1627523623-guru---freepik-benzolx.jpgSumber: Guru/Freepik by Benzolx

Kalau pas sekolah nilai-nilai akademis kamu bagus, kamu bisa coba membuka les privat di lingkungan rumahmu. Pastinya di lingkungan mana pun kamu tinggal ada anak sekolah, baik itu jenjang SD, SMP, atau SMA. 

7. Laundry Sepatu

1619623925-sneakers-freepik.jpgSumber: Ilustrasi sneakers. (Freepik/rawpixel.com)

Bisnis laundry pakaian memang sudah menjamur, tapi kalau sepatu kompetitornya masih bisa lah dihitung jari. Apalagi nih ya, banyak orang yang malas mencuci sepatu.

Modal paling besar untuk memulai usaha ini ya untuk membeli mesin cuci khusus sepatu, yang kisaran harganya mulai dari Rp 2 juta. Ingat ya, mesin cuci khusus untuk sepatu yang kamu gunakan. Jangan gunakan mesin cuci biasa karena bahan sepatu berbeda-beda.

8. Dropshipper

Bisnis usaha rumahan lain yang bisa kamu jajal adalah dropshipper. Sebenarnya usaha ini hampir sama dengan affiliate marketing, namun keduanya punya perbedaan.

Yang membedakan adalah untuk dropshipping kamu boleh menentukan harga jual produk yang akan ditawarkan. Sementara untuk affiliate marketing orang tersebut tidak bisa menentukan harga jual barang yang ia tawarkan ke orang lain.

9. Isi Ulang Pulsa

1595401255-ilustrasiinternet-(1).jpgSumber: Ilustrasi internet. (unsplash)

Sama seperti bisnis makanan, bisnis isi ulang pulsa juga tidak ada matinya karena semua orang butuh internet. Modalnya ya ponselmu sendiri. Lalu tinggal cari dealer pulsa dan ajukan dirimu sebagai agen. 

10. Jasa Menjahit

Pakaian yang kita pakai sehari-hari pasti pernah sobek karena tersangkut sesuatu, atau mungkin karena kancing baju lepas. Sayangnya, tidak semua orang bisa memperbaiki hal itu. Nah, kalau kamu punya kemampuan menjahit, usaha satu ini bisa jadi pilihan pas buatmu.

Nah, itu dia beberapa peluang usaha bisnis rumahan yang bisa kamu coba, Urbanreaders. Meski berjualan di rumah saja, tapi jangan lupa promosikan usahamu ke media sosial supaya bisa dilihat lebih banyak orang.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait