beautydoozy skinner
urbanasia skinner
URtech

10 Tren Teknologi Ini Diprediksi Bakal Melejit Loh, Apa Aja?

Shinta Galih,
7 bulan yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
10 Tren Teknologi Ini Diprediksi Bakal Melejit Loh, Apa Aja?
Image: Logo Alibaba

Jakarta - Alibaba memprediksi tren teknologi yang yang berperan dalam membentuk industri teknologi di tahun mendatang. 

Prediksi ini diambil setelah melakukan analisa pada jutaan dokumen penelitian publik dan hak paten dalam kurun waktu tiga tahun belakangan termasuk melakukan wawancara dengan sekitar 100 orang ilmuwan.

“Selama satu abad terakhir, evolusi teknologi digital telah mendorong percepatan kemajuan teknologi dan perkembangan industri. Batasan teknologi semakin diperluas dari dunia fisik ke realitas campuran (mixed reality), sementara itu semakin banyak dari teknologi mutakhir yang menemukan jalannya untuk dapat digunakan di dunia industri, ”kata Jeff Zhang, Kepala Akademi DAMO Alibaba.

Berikut 10 tren teknologi yang diprediksi bakal melejit tahun ke depan!

1. Konvergensi Cloud-Network-Device

Pesatnya perkembangan teknologi jaringan baru akan mendorong evolusi komputasi awan menuju sistem komputasi baru yakni konvergensi cloud-network-device. Pada sistem ini, cloud, jaringan, dan perangkat memiliki peran sendiri berdasarkan fungsi khususnya masing-masing. 

2. AI untuk Ilmu Pengetahuan

Semakin berkembangnya AI memberi kemungkinan dalam penciptaan paradigma ilmiah terbaru. Machine learning dapat memproses data multidimensional dan multimodal dalam jumlah masif termasuk menyelesaikan persoalan ilmiah kompleks, membuka peluang eksplorasi ilmiah berkembang di area yang sebelumnya diperkirakan mustahil. 

AI tidak hanya mempercepat  proses dalam penelitian ilmiah, tetapi juga membantu mendorong hadirnya temuan ilmiah terbaru. Dalam tiga tahun mendatang, diharapkan AI dapat diaplikasikan secara luas dalam proses penelitian sains dan digunakan sebagai alat produksi dalam beberapa ilmu pengetahuan dasar.

3. Silicon Photonic Chips 

Karena ukuran transistor mengalami keterbatasan dalam fisik, kecepatan pengembangan chip elektronik tidak dapat lagi memenuhi peningkatan aliran permintaan data yang didorong oleh perkembangan kinerja komputasi tingkat tinggi. Tidak seperti chip elektronik, silicon photonic chip menggunakan foton sebagai pengganti elektron untuk mengirimkan data.

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait