Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URstyle

12 Gunung Tertinggi dengan Pemandangan Paling Indah di Indonesia

Elga Nurmutia,
23 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
12 Gunung Tertinggi dengan Pemandangan Paling Indah di Indonesia
Image: Gunung Rinjani (Rinjani National Park)

Jakarta - Indonesia ini dikenal dengan sebutan Ring of Fire, hal itu dikarenakan negara satu ini memiliki sejumlah gunung yang mempesona. Mulai dari Sabang hingga Merauke, ada berbagai pulau dan juga gunung.

Namun, apakah kamu sudah mengetahui gunung tertinggi di Indonesia? Kali ini, Urbanasia sudah merangkum dari berbagai sumber, Kamis (30/9/2021), berikut ini merupakan 12 gunung tertinggi di Indonesia.

1. Puncak Jaya

Gunung tertinggi yang pertama di Indonesia adalah Puncak Jaya. Gunung tersebut dikenal dengan julukan Carstenz Pyramid. Puncak Jaya ini adalah bagian dari pegunungan Sudirman yang terletak di Papua dan masuk sebagai seven summit dunia dengan tingginya mencapai 4.884 Mdpl.

2. Gunung Kerinci

Selanjutnya, ada Gunung Kerinci yang letaknya di Jambi. Rupanya, gunung yang satu ini termasuk gunung tertinggi kedua di Indonesia dengan tingginya mencapai 3.805 Mdpl. Sementara itu, gunung ini masih aktif dan cukup populer juga bagi kalangan pendaki yang sudah berpengalaman.

3. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani ini terletak di Lombok, dan rupanya gunung yang satu ini termasuk ke dalam gunung ketiga tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.762 Mdpl.

4. Gunung Semeru

Rupanya, Semeru merupakan gunung tertinggi yang berada di Pulau Jawa. Di Indonesia, Gunung Semeru ini termasuk ke urutan empat untuk gunung tertinggi dengan ketinggian mencapai 3.676 Mdpl.

5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar terletak di Lombok, dan masuk ke dalam lima besar gunung tertinggi di Indonesia dengan tinggi mencapai 3.564 Mdpl.

6. Gunung Latimojong

Lalu, di Sulawesi Selatan ada Gunung Latimojong. Puncak dari gunung tersebut adalah  Bulu Rante Mario. Agar bisa kesana butuh waktu 10 jam dari Kota Makassar.

7. Gunung Slamet

Gunung Slamet yang berada di pulau Jawa ada di peringkat 7 gunung tertinggi di Indonesia. Gunung tersebut memiliki tinggi 3.428 Mdpl.

8. Gunung Sumbing

Gunung Sumbing yang terletak di Jawa Tengah ada di peringkat 8 tertinggi di dunia. Gunung Sumbing tersebut, memiliki ketinggian mencapai 3.371 Mdpl.

9. Gunung Raung

Gunung Raung termasuk peringkat 9 gunung tertinggi di Indonesia. Gunung yang satu ini terletak di Jawa Timur. Gunung Raung ini memiliki tinggi yang mencapai sekitar 3.344 Mdpl.

10. Gunung Lawu

Dalam peringkat ke 10, yaitu ada Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 Mdpl. Rupanya, Pulau Jawa ini memang pusat dari berbagai gunung. 

11. Gunung Merbabu

Peringkat 11 ada gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Gunung Merbabu yang terletak di Jawa Tengah dengan ketinggian mencapai 3.145 Mdpl. Gunung tersebut rupanya populer di sejumlah pendaki.

12. Gunung Ciremai

Gunung Ciremai yang terletak di Jawa Barat ada di peringkat 12 gunung tertinggi di Indonesia dengan ketinggian yang mencapai 3.078 Mdpl. Ternyata, gunung yang satu ini tertinggi di Jawa Barat.

Nah, itu dia 12 Gunung Tertinggi di Indonesia. Semoga bermanfaat bagi Urbanreaders!

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait