Banner Skinner Urfluencer
Banner Skinner Fomo
URtech

15 Tahun Lalu, iPhone Pertama Diumumkan

Shinta Galih,
12 hari yang lalu
WhatsApp ShareFacebook ShareTwitter ShareLinkedin Share
15 Tahun Lalu, iPhone Pertama Diumumkan
Image: Steve Jobs dan iPhone generasi pertama (cnet)

Jakarta - Tepat 15 tahun lalu, iPhone pertama resmi diumumkan oleh Apple. Ponsel ini seketika mengubah dunia.

Tepat 9 Januari 2007, Steve Jobs naik ke atas panggung perhelatan Macworld Expo yang digelar di San Francisco,  AS. Dia kemudian mengumumkan perangkat baru yang tidak diduga sebelumnya.

"Sebuah iPod, telepon, dan komunikator internet. iPod, telepon, apakah Anda memahaminya? Ini bukan tiga perangkat terpisah, tapi satu perangkat," ucap Jobs.

Dia pun langsung mengeluarkan dan memamerkan iPhone generasi pertama. Sontak peserta yang hadir menyambutnya dengan tempuk tangan yang gemuruh.

Kala banyak vendor manyajikan ponsel dengan tombol keyboad fisik, iPhone tampil dengan full layar sentuh berukuran 3,5 inci. Jobs pun memperlihatkan cara menavigasi iPhone yang sangat berbeda dengan ponsel pada umumnya.

Dia men-swipe kiri ke kanan pada layar untuk membuka iPhone. Dia pun lanjut menswipw kiri dan kanan untuk navigasi dan tidak ketinggalan memencet tombol Home untuk kembali ke layar utama.

Jobs pun memperlihatkan ragam aplikasi yang ada pada iPhone, seperti e-mail,  telepon, pemutar musik, browser, maps dan  lainnya. Tampilan ikon aplikasi dibuay lebih menarik dan mudah dijangkau.

Semua itu memberikan pengalaman yang belum pernah dirasakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Karenanya ketika iPhone dijual 29 Juni 2007, ponsel ini langsung diburu.

Sejak saat itu, iPhone langsung menjadi inspirasi. Para vendor berlomba membuat ponsel dengan full layar sentuh.

Dan hingga kini iPhone masih dijadikan kiblat padahal sudah sejak lama Apple memberikan perubahan signifikan. Semoga saja raksasa teknologi asal Cuperto itu segera mengikuti jejak Samsung yang membuat ponsel layar lipat.

 

Komentar
paper plane

Berita Terkait
    Berita Terkait